Inilah Awal Mula Kemunculan Desain Grafis

  • Bagikan
images 17

U’News,- Inilah Awal Mula Kemunculan Desain Grafis– Era digital seperti saat ini membuka kesempatan besar bagi setiap pelaku usaha baik properti, informasi, teknologi begitupun seni rupa.

Desain grafis merupakan salah satu seni rupa terapan, dikolaborasikan dengan berkembangnya teknologi informatika. Bisnis satu bisa menjadi pilihan bagi siapapun yang akan menggelutinya.

Tidak menutup kemungkinan, bagi siapapun bisa mendalami seni desain grafis dari sekarang, melihat tingginya angka kebutuhan terhadap desain grafis tidak sedikit.

Inilah Awal Mula Kemunculan Desain Grafis

Berbagai macam kebutuhan baik komersil, projek aplikasi, platform media sosial, kebutuhan instansi sscara khusus biasanya sering menggunakan desain grafis sebagai bentuk promosi dan publikasi.

Seorang desainer harus mampu membaca peluang pasar serta mampu mengisi ruang pasar desain sesuai kebutuhan serta perkembangan yang ada. Hal ini harus dilakukan agar tidak tertinggal dari inovasi dan berbagai kreasi baru dari dunia desain.

Baca Juga: Patuh Lalu Lintas Untuk Keselamatan Berkendara

Melihat awal mula perkembangan seni desain, ada beberapa versi sejarah yang bisa disampaikan dalam tulisan ini.

Ada yang mengatakan seni desain lahir sejak beberapa juta tahun silam dimulai dari manusia primitif mencoret dinding gua, sebagai media alat pemburu (skema berburu) dan alat komunikasi satu sama lain.

Dikutip dari Wikipedia tentang sejarah seni desain grafis, desain grafis tidak dapat terlepas dari sejarah perkembangan seni rupa.

Karenanya, produk komunikasi visual tertua yang pernah ditemukan adalah lukisan gua di Lascaux, Prancis, yang diperkirakan berasal dari 15.000-10.000 SM.

Simbol-simbol berbentuk ideogram ini kemudian berkembang menjadi aksara yang pada masa modern ini rutin kita gunakan di layar.

Selanjutnya, desain grafis berkembang pesat sejak sistem cetak tinggi dan datar mulai mengikuti perjalanannya.

Terbukti Hanry Cole menjadi sosok berpengaruh dalam pendidikan desain grafis. Ia meyakinkan pemerintah akan pentingnya desain grafis dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures.

Baca Juga:Bahaya Minuman Soda, No 4 Paling Parah

Sokongan dari dunia percetakan sendiri memiliki peran penting dalam perjalanan desain grafis ini. Ini terlihat sejak tahun 1836-1893 seni poster marak bermunculan. Sehingga masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”.

Sampai saat ini, dunia desain semakin terlihat sangat membantu terhadap proses globalisasi, selain juga peminatnya banyak. Media sosial menjadi satu-satunya platform informasi yang sangat memerlukan sentuhan desain grafis, melihat, seni satu ini akan menambah nilai keunikan tersendiri.

Inilah Awal Mula Kemunculan Desain Grafis

Di Indonesia, beberapa tokoh desainer grafis tidak boleh kita lupakan. Kelima orang ini telah memperkenalkan, mempromosikan dan mengajarkan desain grafis. Mereka di antaranya, Tjahjono Abdi, S.Prinka, Priyanto Sunarto, Yongky Safanayong, dan Irvan Noe’man.

Kelimanya adalah contoh tokoh terbaik dalam mengeksplorasi desain kreatif. Setelah kewafatan mereka, kita benar-benar merasakan kekosongan-kekosongan di dunia desain(Af//yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *