Ini Keutamaan Shalat Tahajud, Umat Muslim Wajib Tau

  • Bagikan
IMG 20211021 103713
Keutamaan Shalat Dhuha, Penting Diketahui, Sumber Foto Kemenag.ntb

Unews.idIni Keutamaan Shalat Tahajud, Umat Muslim Wajib Tau. Setiap manusia memiliki tingkat spiritual masing-masing dalam ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bagi umat muslim shalat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan sebagai bentuk rasa syukur dan cinta seorang hamba kepada Tuhannya.

Terutama shalat fhardu (wajib) yang dilaksanakan selama 5 kali sehari. Selain shalat fhardu di dalam ajaran agama islam ada shalat sunnah dimana hukumnya adalah bagi hamba yang mengerjakan mendapatkan pahala dan bagi yang tidak mengerjakan tidak mendapatkan apa-apa (tidak dosa)

Seperti shalat sunnah dhuha, shalat tahajud, dan shalat sunnah lainnya. Keutamaan shalat sunnah dari seorang hamba kepada Tuhan bernilai positif, karena merupakan tambahan amal ibadah kepadaNya.

Salah satu contoh diantara keutamaan shalat sunnah yang mulia adalah shalat tahajud. Shalat tahajud dilakukan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terbangun dari tidur.

Shalat ini memiliki Pahala yang cukup besar dari Allah SWT. Dimana disaat orang tidur terlelap, seorang hamba melaksanakan ibadah di tengah malam atau sepertiga malam setelah terbangun dari tidur.

Orang yang melaksanakan shalat tahajud memiliki keutamaan dan kemuliaan daripada orang yang tidak mengerjakan. Orang yang demikian telah memanfaatkan waktu malam tidak hanya untuk beristirahat dan tidur, akan tetapi menggunakan sebagian waktunya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Keutamaan Shalat Tahajud, Umat Muslim Wajib Tau

Berikut dalil shalat tahajud yang bisa dijadikan dasar inspirasi bagi umat muslim untuk dilaksanakan. Firman Allah Swt. dalam QS. Al Isra’ ayat 79 yang bunyinya :

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79)

Berikut keutamaan shalat tahajjud bagi umat muslim yang dirangkum dari beberapan sumber oleh Tim Unews :

a. Diberikan Tempat Terpuji dan Mulia di Sisi Allah SWT

Keutamaan sholat tahajud yang pertama yakni bagi hamba yang melaksanakan akan diberikan tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Inilah janji Allah SWT yang akan mengangkat umat-Nya ke tempat puji-puji, bagi yang menunaikan sholat tahajud dengan tekun dan ikhlas mengharapkan ridha Ilahi.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).”  (Adh-Dhariyat 51: 15-18).

b. Dikabulkan Doanya

Keutamaan sholat tahajud berikutnya yakni dikabulkan doanya. Tuhan berjanji akan memenuhi doa para ahli Tahajud. Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir)

c. Penghapus Dosa dan Kesalahan

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya yakni dihapus dosa dan kesalahan. Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan cjiyamullail. Karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taejarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili).

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya yakni dihapus dosa dan kesalahan. Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan cjiyamullail. Karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taejarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili).

e. Rendah Hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang melakukan keutamaan shalat tahajud selalu memiliki sifat yang rendah hati dan bersahabat. Ketentraman merupakan cerminan dari ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita menjadi rendah hati.

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.”  (Al-Furqan 25: 63-64)

f. Jembatan Masuk Surga

Keutamaan sholat tahajud berikutnya yakni bisa menjadi jembatan masuk surga. Allah SWT telah menjanjikan surga bagi hamba yang taat kepada-Nya. Sebaliknya, Dia menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba yang durhaka kepada-Nya.

Selain itu, Allah SWT juga telah menunjukkan kepada kita cara-cara untuk menggapai surga-Nya. Salah satu cara untuk masuk surga adalah dengan melaksanakan sholat tahajud.

g. Karirnya Akan Diangkat

Ustadz Adi Hidayat mengatakan orang yang rajin tahajjud karirnya akan diangkat yang paling tinggi dan paling terpuji oleh Allah SWT. Allah akan melembutkan hati orang-orang di sekitanya dan juga akan membimbing setiap kali mengawali pekerjaan.

Manfaat dan keutamaan tahajjud yang kedua kata ustadz Adi Hidayat yakni akan diberikan jalan keluar dari kesulitan. Orang yang tahajud akan mendapatkan pertolongan Allah dan tidak hanya sekedar dikeluarkan dari kesulitan, tapi juga dengan cara yang terbaik. Manfaat dan keutamaan Tahajud menurut ustadz Adi Hidayat yakni Allah akan memudahkan segala aktivitasnya.

“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya”. [Ath-Thalaq/65 : 4].

Itulah Keutamaan Shalat Tahajud, Umat Muslim Wajib Tau. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi para pembaca. Amin. (hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *