Indonesia Memiliki 8 Jenis Burung Pleci

  • Bagikan
dV0lEite91
Burung Pleci (Istimewa)

Unews.id – Burung pleci memiliki mata putih yang khas. Mereka secara tradisional berada di keluarga Zosteropidae (mata putih), namun berdasarkan kajian filogeni terbaru, bisa jadi kelompok ini merupakan bagian dari suku Timaliidae.

Dibawah ini merupakan jenis burung Pleci yang berada di kepulauan Indonesia :

1. Pleci Dakun Maput

Burung Pleci Dakun Maput adalah sebutan untuk Pleci dada kuning dengan mata berwarna putih. Selain sebutan Dakun Maput, Pleci ini juga sering disebut Pleci Kudu atau Muria. Memang Pleci ini dikenal berasal dari kawasan Gunug Muria Jawa Tengah. Pleci jenis ini memiliki suara kicau kristal yang sangat nyaring dan memiliki iris mata putih.

2. Pleci Dakun Macok

Burung Pleci Dakun Macok sebutan untuk Pleci dada kuning bermata coklat. Jenis Pleci ini paling laku di pasaran. Hal ini dikarenakan sugesti yang menular bahwa perawatan burung Pleci Dakun Macok ini jauh lebih mudah dibanding jenis lainnya.

Selain perawatan yang lebih mudah, harga Pleci Dakun Macok di pasaran juga cukup terjangkau. Burung Pleci Dakun Macok sangat mudah ditemui di pasar-pasar burung.

3. Pleci Dakun Bali

Burung Pleci Dakun Bali sepintas memang sulit dibedakan dengan Pleci Jawa atau Dakun Macok. Namun tentu masih memiliki perbedaan, seperti ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dan berisi, warna bulu lebih hijau dan terang, serta kacamata putih yang lebih besar.

Meskipun memiliki suara kicau yang khas menyerupai suara anak ayam ngalas, namun Pleci yang banyak tersebar di Pulai Bali ini sedikit lebih penakut, sering takut bunyi saat didekat manusia.

4. Pleci Buxtoni

Burung Pleci ini merupakan jenis Pleci kecil dengan dada abu-abu, punggung hijau, dan memiliki garis kuning di tengah dadanya. Memiliki ukuran tubuh hampir sama dengan Pleci Dakun Macok, Buxtoni memiliki suara nyaring dan jernih mengkristal. Jenis ini juga cukup banyak dipelihara untuk diperlombaan.

5. Pleci Montanus

Burung Pleci Montanus sering disebut juga Burung Kacamata Gunung. Jenis Pleci ini memiliki ciri badan lebih besar dan panjang, bagian dada Montanus berwarna abu-abu juga, bagian punggung agak kuning kehijauan sampai sayapnya, bagian mata Montanus berwarna putih. Jenis Pleci ini memiliki suara yang keras dan kasar dibandingkan Pleci Buxtoni.

6. Pleci Salvadorii Enggano

Merupakan salah satu jenis Pleci yang memiliki kemampuan kicau yang sempurna. Dengan memiliki badan besar, dada abu-abu gelap, bagian kepala agak hitam sedangkan bagian punggung agak kekuningan.

7. Pleci Black Capped

Jenis Pleci Black Capped memiliki ciri khas hampir mirip dengan Salvadori Enggano dengan bagian kepala terdapat warna hitam. Black Capped memiliki warna dada abu-abu juga dan bagian punggungnya kuning kehijauan, jenis ini memiliki postur lebih kecil dari Jenis Pleci Auriventer, namun lebih besar dari Buxtoni.

8. Pleci Auriventer

Burung Kacamata ini tergolong langka dan memiliki harga yang cukup mahal. Memiliki postur tubuh besar, panjang dan ramping menjadikan Auri sangat eksotis dengan warna lingkar mata putih tebal. Auri banyak dijumpai di Pulau Sumatera. (val/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *