Hidroponik, Usaha Bisnis Menguntungkan Pasca Pandemi

  • Bagikan
tomatoes ga825fbade 640
Hidroponik, Usaha Bisnis Menguntungkan Pasca Pandemi - Istimewa

Unews.idHidroponik, Usaha Bisnis Menguntungkan Pasca Pandemi. Petani Indonesia sudah banyak menekuni teknik hidroponik ini.

Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman.

Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Hidroponik, Usaha Bisnis Menguntungkan Pasca Pandemi

Teknik hidroponik sendiri banyak diaplikasikan tidak hanya oleh petani, penanaman minim lahan ini juga menarik perhatian kalangan masyarakat umum.

Selain caranya menanamnya mudah, hidroponik juga cocok bagi mereka yang mempunyai aktifitas padat dan  minim lahan di rumah.

Baca Juga: Berat Badan Tidak Ideal? Ini Tipsnya

peluang hidroponik ini sangatlah menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan, Gaya hidup sehat yang tinggi ,Konsumsi makanan sehat meningkat, Permintaan di pasar lebih besar dari produksi.

Sayuran selalu dipasok ke luar area.Periode panen sayuran hidroponik lebih pendek.Banyak konsumen di kota dan Pangsa pasar yang terus tumbuh.

mendirikan usaha ini juga butuh perhatian. Terlebih lagi, budi daya ini baginya termasuk yang baru, sehingga ia benar-benar harus belajar.

Hidroponik, Usaha Bisnis Menguntungkan Pasca Pandemi

Namun, seiring dengan latihan dan terus mencari pengetahuan budi daya ini, hasil yang ditunjukkan juga semakin bagus.

pasar sayuran hidroponik juga tidak terlalu sulit. Selain memenuhi permintaan warga sekitar, juga sejumlah pusat perbelanjaan d. Selain itu, jika memungkinkan barang juga dikirim hingga luar kota.

Baca Juga: Habitat Status Kelangkaan Pohon Ketapang Tercatat di IUCN Red List

Usia panen tanaman sayuran yang ditanamnya juga beragam sekitar 30 hari. Namun, untuk sayuran kangkung relatif lebih pendek sekitar 20 hari sudah panen, sehingga segera bisa terjual.

Kendati sistem hidroponik sangat dijaga, ia mengakui masih ada ancaman hama seperti kutu daun. Namun, untuk menghilangkan serangan hama itu bisa menggunakan pestisida alami.

Keadaan pandemi yang belum menentu ini membuat usaha bisnis hidropnik kembali mendapat ruang. Sistem hidroponik juga tidak menggunakan pestisida sehingga dinilai mampu menghasilkan sayuran dan buah yang lebih sehat.

Selain itu, pertanian dengan sistem ini bisa dilakukan kapan saja tanpa mengenal musim.Imbauan pemerintah soal menjaga kesehatan dengan ketat, semakin membuat usaha bisnis ini melambung. Pasalnya dalam hidroponik semua alami tidak menggunakan pestisida.

Intulah informasi mengenai Hidroponik, Usaha Bisnis Menguntungkan Pasca Pandemi, semoga bermanfaat. (ab/yy)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *