• Sabtu, 25 Juni 2022

Menyingkap Ekosistem Hutan Kalimantan Dari Penemuan Fosil Daun berusia Jutaan Tahun

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:19 WIB
Penemuan Fosil Daun Purba di Hutan Kalimantan (Ig: @idsba)
Penemuan Fosil Daun Purba di Hutan Kalimantan (Ig: @idsba)

UNEWS.ID – Untuk yang pertama kalinya, fosil daun yang ditemukan di Kalimantan dipelajari secara lebih detail oleh ilmuwan.

llmuwan internasional yang dipimpin oleh Pennsylvania State University dan bekerjasama dengan Universiti Brunei Darussalam melakukan studi terhadap penemuan fosil daun di Kalimantan.

Dari hasil studi oleh para ahli menunjukkan kelompok pohon yang dominan sampai saat ini yaitu dipterokarpa (Dipterocarpus) atau suku meranti-merantian sudah mendominasi hutan Kalimantan sejak empat juta tahun lalu.

Baca Juga: Mengenal 4 Suku Asli Kalimantan Beserta Wilayah Kediamannya

Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa bahwa hutan hujan telah menutupi permukaan pulau Kalimantan sejak zaman dahulu.

Melansir dari portalsulut.com dalam artikel yang berjudul "Fosil Daun di Kalimantan Mengungkap Hutan Purba Berusia 4 Juta Tahun",

Lanskap yang didominasi oleh pohon dipterokarpa, menurut peneliti, sama seperti yang akan terlihat seperti pada Zaman Pliosen sekitar 2,6-5,3 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: Polisi Terus Lakukan Pemeriksaan Ambruknya Seluncuran di Kenjeran Prak Surabaya

Hal tersebut menjadikannya ekosistem yang berharga untuk dilestarikan bagi generasi mendatang.Kalimantan adalah rumah bagi hampir 270 spesies dipterokarpa. Lebih dari setengah setengah total spesies global ada di pulaiu ini.

Halaman:

Editor: Bambang Eko W

Sumber: PortalSulut.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X