Efek Samping dan Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Jeruk Nipis

  • Bagikan
CaraMenghilangkanKetombeDenganJerukNipisdanGaram
Jeruk Nipis (Istimewa)

Unews.id – Meskipun mengandung banyak manfaat, konsumsi jeruk nipis yang berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Konsumsi jeruk nipis secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Mengonsumsi jeruk nipis yang berlebihan, alih-alih mendapatkan manfaatnya yang ada anda justru sakit. Lantas apa saja efek samping mengonsumsi jeruk nipis yang berlebihan?

1. Merusak Gigi

Seperti yang kita ketahui, makanan manis menjadi musuh bagi gigi. Namun selain makanan manis, makanan maupun minuman asam juga akan memberikan efek negatif bagi kesehatan gigi. Jeruk nipis dapat membuat enamel gigi menipis. Enamel itu sendiri melapisi dan melindungi gigi, jika kondisinya semakin menipis akan membuat gigi menjadi mudah rapuh. Oleh karena itu, jika anda mengonsumsi jeruk nipis dengan berlebihan akan membuat gigi anda mudah keropos.

Setelah mengonsumsi jeruk nipis, sebaiknya minum dan berkumur dengan air untuk menghilangkan asam yang menempel pada lidah, gigi dan mulut anda. Sebaiknya jangan menggosok gigi langsung setelah anda mengonsumsi air jeruk nipis. Pasalnya akan meningkatkan asam. Apalagi dengan tambahan gesekan sikat gigi akan membuat enamel yang terkikis menjadi lebih banyak. Jika anda ingin menggosok gigi setidaknya anda hrus menunggu selama satu jam.

2. Dapat Memicu Refluks Asam Lambung

Dibandingkan dengan buah jeruk lainnya yang memiliki rasa manis, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis lebih banyak. Dimana asam tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh, serta terbentuknya batu ginjal. Hanya saja, jika mengonsumsi dengan kadar berlebihan akan membuat sistem pencernaan terganggu.

Dalam kasus yang ringan, apabila mengonsumsi makanan atau minuman asam terlalu banyak, seperti air jeruk nipis akan membuat perut mulas. Hanya saja, untuk orang yang pencernaannya sensitif, asam dari jeruk nipis dapat memicu naiknya asam lambung. Dimana hal ini akan menimbulkan gejala tidak nyaman seperti misalkan perut kembung, sakit, mual, penuh dan sering sendawa.

Sehingga dengan begitu, seseorang yang memiliki masalah dengan refluks asam lambung, GERD, serta masalah pada sitem pencernaan yang lainnya disarankan untuk menghindari minuman asam ini untuk mencegah bertambah parahnya gejala yang ditimbulkan. Anda juga tidak boleh mengonsumsi minuman ini jika perut dalam keadaan kosong karena dapat menyebabkan mulas.

3. Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan luka yang terdapat pada lapisan lambung ataupun usus kecil yang begitu menyakitkan. Kondisi ini terjadi saat lendir yang berperan melapisi dalam perut menipis. Kandunga sitrat pada jeruk nipis memiliki risiko menimbulkan tukak lambung, serta lapisan lambung teriritasi.

4. Mempengaruhi Ginjal

Walaupun air perasan jeruk nipis dapat membantu dalam pengobatan batu ginjal, serta baik bagi ginjal, hanya saja penderita penyakit ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi jeruk nipis karena akan membuat ginjal rusak. Pada jeruk nipis terkandung kadar kalium yan tinggi dan tidak baik untuk penderita ginjal. Dimana gejalanya yaitu tidak normalnya irama jantung, lemah, serta lambatnya detak jantung.

Jeruk nipis memang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, bukan berarti anda dapat mengonsumsinya dengan berlebihan. Batasi konsumsi jeruk nipis sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, mengonsumsi jeruk nipis yang berlebihan akan memberikan efek samping untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat jeruk nipis dan efek samping yang ditimbulkan, anda bisa berkonsultasi pada dokter. (val/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *