Efek Negatif Keseringan Mengoperasikan HP

  • Bagikan
images 18

Unews.id. Efek Negatif Keseringan Mengoperasikan HP Melakukan aktifitas sehari-hari, tidak lepas dari kebiasaan penggunaan hp. Barang satu ini menjadi satu-satunya alat untuk menemani bahkan memenuhi kebutuhan seseorang setiap harinya.

Handphone atau sering disebut dengan hp merupakan alat informasi dengan tingkat kecerdasan semakin berkembang sesuai perkembangan jaman.

Baca Juga: Inilah Awal Mula Kemunculan Desain Grafis

Handphone sendiri telah mampu menggantikan peran peralatan lain yang awalnya terasa agak sulit menjadi lebih instan. Dengan menggunakan hp, apapun yang berhubungan dengan aktifitas virtual akan terselesaikan dengan lebih mudah.

Semenjak handphone berganti istilah menjadi smartphone, hal ini pula menambah keutamaan smartphone untuk semakin dibutuhkan oleh masyarakat modern.

Jaman sekarang tanpa smartphone kita akan kesulitan melakukan komunikasi dengan siapapun selain juga terlihat kurang mengikuti perkembangan jaman.

Melakukan komunikasi dengan seseorang jadi lebih mudah dilakukan baik berbicara secara langsung meski tanpa tatap muka, mengirimkan foto, bahkan perkembangannya yang begitu pesat, menggunakan smartphone juga dapat berkomunikasi dengan tatap muka meski melalui layar ke layar.

Baca Juga: Di balik Kegagalan IATC di Mandalika

Perlu diingat, meski banyak manfaat serta kegunaan smartphone, ada pula dampak negatif ketika seseorang terlalu sering memainkan hp.

Berikut beberapa dampak buruk terlalu sering mengoperasikan HP.

1. Jempol menekuk

Jempol menekuk terjadi akibat penebalan pada pembungkus tendon ibu jari. Ibu jari menjadi kaku dan tetap dalam keadaan bengkok meski sedang tidak memainkan HP.

Jika dipaksa untuk kembali pada posisi lurus, ibu jari yang kaku ini akan menimbulkan bunyi gemeretak dan rasa sakit pada sendi.

2. Mudah Kesemutan di Siku

Memainkan HP bisa membuat kamu sering menekuk siku atau bertumpu pada siku, baik itu saat bermain game, menjelajah media sosial, ataupun menelepon. Jika ini terlalu sering dilakukan, risiko saraf ulnaris di bagian siku akan terganggu.

Kamu bisa mengalami mati rasa, kesemutan, atau nyeri yang menjalar, mulai dari siku hingga jari kelingking dan jari manis.

3. Ketegangan Otot Leher

Menggunakan HP secara berlebihan akan membuatmu terlalu banyak melihat ke bawah. Kebiasaan ini lama-lama bisa menyebabkan tegang pada otot leher, sehingga leher terasa kaku dan sakit. Nyeri yang ditimbulkan bahkan bisa menjalar hingga bahu dan lengan.

Efek Negatif Keseringan Mengoperasikan HP

4. Merusak penglihatan

HP atau tablet dirancang untuk jarak dekat. Hal ini memaksa mata pengguna terus fokus membaca teks di layar HP. Kebiasaan ini nantinya menyebabkan mata lelah, apalagi jika menghabiskan waktu 4–6 jam bermain HP.

Gejala mata lelah diantaranya mata merah atau iritasi, mata kering, dan penglihatan kabur.

5. Gangguan tidur

Dampak negatif HP yang juga umum dirasakan yaitu gangguan tidur, apalagi pada orang-orang yang sudah kecanduan. Selama ada HP di sekitar kita, sering kali kita ingin memeriksa atau menanggapi chat dan membaca atau memposting sesuatu, hingga lupa untuk tidur.

Begitu pula sinar biru (bluelight) yang dipancarkan dapat menahan produksi melatonin, yaitu hormon pengontrol siklus tidur seseorang, sehingga semakin susah untuk tidur.

Efek Negatif Keseringan Mengoperasikan HP

Selain membuat badan tidak segar di waktu pagi, kualitas tidur yang buruk dapat menimbulkan gejala penyakit lain, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

6. Kanker

Penelitian menjelaskan bahwa sinar radiasi HP bisa bersifat karsinogenik, sehingga meningkatkan risiko kanker. Salah satunya kanker otak glioblastoma. Meski begitu, belum ada bukti klinis yang kuat untuk mendukung teori ini, sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Setelah membaca berbagai dampak buruk terlalu sering bermain HP, tugas kita selanjutnya, hengaknya perlahan menguranginya. Gunakan Handphone secara bijak sesuai kebutuhan saja.

Jangan mudah terpengaruh kenikmatan HP sehingga banyak pekerjaan terbengkalai, utamanya tidur mulai tidak terartur.(Af//yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *