Dijuluki Ceri-nya Indonesia, Ini Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Kita

  • Bagikan
Dijuluki Ceri-nya Indonesia, Ini Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Kita
Dijuluki Ceri-nya Indonesia, Ini Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Kita, sumber foto: Ig dachri megantara

Unews.idDijuluki Ceri-nya Indonesia, Ini Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Kita. Buah kersen sangat mudah ditemukan diseluruh Nusantara.

Secara kasat mata banyak orang beranggapan, kersen atau buah talok hanya menjadi dijadikan tempat teduh dan pemandangan lingkungan saja, diabaikan tanpa memahami khasiat dan manfaat yang dikandungnya. Buah berterkstur mungil ini, selalu digemari anak-anak dan dijadikan tempat berlindung para kelelawar malam.

Perlu Anda ketahui bersama bahwa khasiat dan manfaat yang dimiliki kersen bagi kita begitu luar biasa, sebab buah bulat kecil ini, ternyata mengandung ragam vitamin, antioksidan dan bahkan memiliki antibiotik alami yang baik bagi kesehatan dan tubuh kita.

Dijuluki Ceri-nya Indonesia, Ini Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Kita

Baca Juga: Mengenal Varietas Jambu Air Madura, hm..Manisnya Berasa Banget!

Buah berdaging manis ini juga bisa tumbuh sangat cepat, liar baik dilingkungan hutan tropis, lahan pertanian, maupun tanah kosong sekalipun.

Tanaman kersen dapat berkembang subur di kondisi tanah yang buruk, bersifat asam dan alkali. Sejatinya pohon kersen adalah tanaman yang berasal dari daerah Amerika Latin. Namun kini, tanaman yang memiliki nama asli ilmiah Muntingia Calabura ini, dapat ditemukan hampir seluruh negara tropis seperti Meksiko, Jamaika, India, Filipina, termasuk Indonesia.

Namanyapun berbeda-beda di masing-masing negara. Ada yang menyebut sebagai Jamaica Cherry, Aratiles, kersen, kerson fruit, ataupun Ceri lokal.

Khasiat dan Manfaat buah kersen tak perlu dikhawatirkan lagi, meski bertekstur kecil, namun Manfaat buah yang satu ini bisa membentengi tubuh kita dari beberapa penyakit yang mudah menyerang Kita.

Baca Juga: Tiga Jenis Flora dan Fauna di Bumi Nusantara

Khasiat dan Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Kita

Berikut Khasiat dan Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Kita:

1. Diabetes

Meski bertubuh mungil, buah kersen mampu menurunkan kadar gula. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, pernah melakukan penelitian dimana efek 500 miligram ekstrak buah kersen pada tes toleransi glukosa oral, membantu mendiagnosis diabetes pada tikus diabetes.

Sehingga berkhasiat dapat mengakibatkan penurunan yang signifikan dalam peningkatan kadar gula darah dalam rentan waktu satu jam

2. Flu dan Pilek

Buah kersen merupakan salah satu jenis buah sumber vitamin C yang sangat baik, ia mengandung 150 miligram vitamin C hanya dalam 100 gram, sehingga sangat ampuh untuk meredakan Flu dan Pilek yang menyerang tubuh kita

3. Asam Urat

Bentuk arthritis yang menyakitkan ini biasanya berkembang akibat konsumsi terlalu banyak jenis makanan dan terlalu sedikit air. Untungnya buah kersen bisa diandalkan untuk mengatasinya. (fitri/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *