Cara Merawat Sepeda, Awet dan Tahan Lama

  • Bagikan
https://www.unews.id/ketahui-cara-menjaga-kesehatan-agar-terhindar-dari-penyakit-315/
https://www.unews.id/ketahui-cara-menjaga-kesehatan-agar-terhindar-dari-penyakit-315/ - Unews.id

Unews.id, Cara Merawat Sepeda, Awet dan Tahan Lama Merawat Sepeda, agar awet dan tahan lama sebenarnya semua orang bisa melakukannya, namun terkadang sebagian orang malas dan hanya ingin menungganginya saja tanpa memperhatikan kondisi/kesehatan sepeda.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tren dunia bersepeda/gowes menjadi salah satu jenis  olahraga favorit dan popularitas dimana penggunanya kian hari terus meningkat tajam sejak masa pandemi mulai nakal menghantui kehidupan kita sehari-hari.

Sebagian orang mulai banyak yang mengalihkan segala kegiatannya dengan bersepeda, disinyalir menjadi salah satu pengobat untuk melakukan aktivitas olahraga yang terbilang cukup mudah, simpel dan menyehatkan tubuh secara alami.

Lantas Bagaimana Cara Merawat Sepeda ?

Cara Merawat Sepeda, Awet dan Tahan Lama

Boomingnya tren dunia bersepeda, membuat pihak perusahaan menelurkan beragam macam jenis sepeda dengan model dan sajian yang cukup beragam, oleh karena itu pembahasan mengenai Cara Merawat Sepeda kali ini merupakan inisiasi dari superadmin sendiri agar sepeda kalian/para gowes awet dan tahan lama meskipun kerap digunakan untuk berolahraga dalam setiap harinya.

Baca Juga: Fakta dan Kisah Unik Ikan Tembakul

Saat dunia mengendarai sepeda sudah menjadi salah satu rutinitas sehari-hari, terkadang sebagian orang hanya gemar menggunakan sepeda saja, mengabaikan suatu saat nanti atau bahkan saat itu juga, sepeda mulai akan mengalami kerusakan.

Bersepeda ria memang sangat asyik dilakukan, apalagi melakukan aktivitas ini bersama dengan teman-teman, so pasti rasa penat yang ada di benak akan hilang seketika.

Cara Merawat Sepeda, Awet dan Tahan Lama

Berikut Cara Merawat Sepeda, Awet dan Tahan Lama

Lakukan Pembersihan

Tak hanya manusia, Kebersihan juga wajib diterapkan pada sepeda roda kesayangan Anda. Hal ini dikarenakan kebersihan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan umur, enak dipandang, dan nyaman saat berkendara sepeda.

Baca Juga: Ketahui! Cara Menjaga Kesehatan Agar Terhindar Dari Penyakit

Saat sering digunakan, sepeda akan mudah terkontaminasi berbagai jenis kotoran, seperti debu, tanah ataupun kotoran lainnya. Kotoran inilah nantinya bisa menimbulkan titik masalah apabila dibiarkan begitu saja terlalu lama dan menempel di sepeda kesayangan Anda.

Korosi pada frame, karat pada komponen, dan bisa memperpendek umur komponen-komponen penting sepeda itu sendiri.

Cucilah sepeda secara benar dan teratur, setiap 1 minggu sekali atau setiap 2-3 kali setelah melakukan aktivitas bersepeda. Apabila kita selalu membersihkan sepeda maka akan banyak kegunaan yang akan di dapat.

Sepeda akan terasa tetap nyaman saat digunakan, dan umur/komponen sepeda akan tidak mudah rusak/lebih tahan lama

Kontrol dan pastikan Ban Sepeda

Selalu kontrol dan pastikan ban sepeda selalu memiliki tekanan angin sesuai porsi (normal). Apalagi ban merupakan salah satu komponen penting dan mempengaruhi performa sepeda saat dikendarai, hal ini juga dapat mempertahankan umur elastisitas ban itu sendiri.

Periksa tekanan ban secara berkala, 1 – 2 minggu sekali dan apabila tidak digunakan, periksa kembali dan isi angin saat akan digunakan

Periksa Baut dan Rem Sepeda

Selain lakukan pembersihan secara berkala dan kontrol ban sepeda, yang tak kalah pentingnya juga yakni memeriksa semua baut/mor yang terdapat pada sepeda itu sendiri. Hal ini untuk lebih menjaga keamanan dan kestabilan saat Anda mengendarai sepeda.

Sepeda yang sering digunakan, maka lama-kelamaan akan berimbas pada kekuatan baut dan mur berkurang/kendor. Oleh karena itu, memeriksa baut/mor ini juga dipandang sangat perlu dan lakukan pengecekan kekencangan pada baut-baut dan mur tersebut pada komponen sepeda Anda

Selain itu, pastikan juga memeriksa keakuratan rem sepeda Anda. Sebab hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan saat bersepeda

Fik Seratus Persen

Setelah ketiga cara diatas dilakukan, langkah terakhir yakni pastikan bahwa semua komponen sepeda sudah sangat sehat/fik seratus persen agar tidak mengalami kendala saat Anda bersepeda. Jika Anda terlalu sibuk dan tidak ada waktu luang untuk melakukan pengecekan sepeda. Lebih baik bawalah ke bengkel sepeda disaat Anda memiliki waktu longgar/kosong. Sehingga sepeda yang Anda miliki akan tetap awet dan tahan lama.

Itulah sedikit ulasan kami mengenai Cara Merawat Sepeda, Awet dan Tahan Lama. Semoga informasi bermanfaat bagi kita semua. (yy)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *