Cara Mengoperasikan Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Kenaikan Pangkat Guru 2021-2022

  • Bagikan
Aplikasi PAK Guru 2021 2022

Unews.id – Cara Mengoperasikan Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Kenaikan Pangkat Guru 2021-2022 berbasis online terbaru

Aplikasi Penilaian Angka Kredit 2021-2022 Online, Kenaikan Pangkat Guru, terintegrasi dengan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), dalam hal ini, contoh penggunaan PAK online di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Online terbaru, berfungsi memudahkan guru dalam hal mengoperasikan/melakukan Penilaiab Kenaikan Pangkat Guru, berbasis online.

Baca Juga: Twibbon Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2021

Diketahui, sebagai Oemar Bakeri, khususnya di ujung timur Pulau Madura. Aplikasi PAK guru sebagai salah satu langkah praktis, berbasis media elektronik dari pihak Dinas Pendidikan Sumenep, untuk memicu SDM guru dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan kecakapan digital.

Diharapkan masing-masing guru sudah bisa memahami prosedur, mekanisme, langkah-langkah dan cara dalam mengimplementasikan Aplikasi PAK Guru terbaru

Cara mengoperasikan Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Kenaikan Pangkat Guru Online 2021-2022

Adapun cara mengoperasikan dan Penjelasan lain terkait fitur dan hal lain yang harus dipahami bapak/ibu guru adalah sebagai berikut:

1. Login

Login merupakan fitur pertama yang perlu diketahui bapak/ibu guru dalam menjalankan Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Online, Kenaikan Pangkat Guru Tahun 2021-2022

Baca Juga: Twibbon Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2021

2.  Profil

Fitur kedua yakni mengubah/mengedit profil Guru

3.  Fitur Data Base/melengkapi data pendidik/Guru

4.  Save atau menyimpan perubahan setelah dilakukan update data/dirubah/editing

5. Unggah

Fitur ini guru harus nengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan dalam melakukan PAK

6. Pengisian Nilai Angka Kredit, dan beragam fitur lainnya

7. Input Data

Bapak/Ibu guru dapat menginput data berkas kenaikan pangkat sendiri melalui aplikasi dan dimulai pada bulan Oktober untuk periode kenaikan pangkat pada bulan April 2022.

8.  Siapkan 1 email dan 1 kontak nomor WA sebagai penghubung dalam pengajuan kenaikan pangkat.

9. Siapkan PTK + Jurnal (e-jurnal) guru.

Cara mengoperasikan Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Kenaikan Pangkat Guru Online 2021-2022

Adapun Cara Mengoperasikan Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Online 2021-2022 Bagi Bapak/Ibu Guru di Kabupatem Sumenep adalah sebagai berikut:

1. Klik atau Login pada laman: http://akpos.koderkampung.com

User: NIP masing-masing: batman1 (sementara, batman 2) setelah Anda masuk/mengikuti sosialisasi, maka sudah tidak bisa diakses lagi dengan Pasword baru: 123456

2. Ketik/isi Masa kerja lama: sesuai dengan SK tingkat terakhir

3. Tulis/Isikan Masa kerja golongan baru: TMT PAK

4. Lakukan/mulai masuk masa penilaian: TMT PAK sampai April 2022 (periode April 2022)

5. Sertifikat akan dibatasi dengan kurun waktu. Sebelum tanggal PAK terakhir, tidak boleh

6. Dari sisi Ijazah tidak ada batas waktu terkecuali ijazah sebelum menjadi PNS, tidak boleh.

7. Bagi Ijazah S1 bernilai 100, S2 bernilai 150, tetapi jika sudah tertulis 100 maka Ijazah S2, ditulis 50

8. Lakukan pengunggahan ijazah/upload Ijazah: Ijazah, Surat Izin, Surat Keterangan Penelitian Ijazah dll, dalam format file PDF

9. Upload Ijazah lakukam 3 kali, jika Kuliah di UT tak perlu atau tak ada surat izin belajar dan surat keterangan penelitian.

10. Prajabatan atau induksi guru pemula nilainya 3. Isikan saja Apabila belum mengisi pada PAK sebelumnya.

11. Bagi Guru kelas atau Guru Mapel: Klik Proses pembelajaran. Guru BK: Klik Proses bimbingan, PKG, Setiap tahun

12. Tugas lainnya, maksimal 2 poin dalam kurun waktu 1 tahun: Bukti Fisik adalah SK PBM (membina pramuka, kepala perpustakaan, Menyusun kurikulum, dll) SK Tahunan (PKG) x 5% angka kreditnya. Kalau tidak tahunan maka 2% x PKG.

13. Diklat: Sertifikat, laporan dan surat tugas dari kepala sekolah

14. KTI: Berita acara seminar, Surat Keterangan dari Kepala Sekolah, Surat Keterangan dari Kepala Perpus, daftar hadir, Foto kegiatan, dll

15. Bagi Ijazah tidak linear bisa dimasukkan ke penunjang: Ijazah tidak liner: S1: 5, S2: 10, S3: 15

16. Bagi Pengurus Organisasi Profesi: Bernilai 1/tahun, Anggota 0,75/tahun

17. Upload berkas Surat Keputusan/SK (sesuai dengan format yang diminta)

18. Fitur Konfirmasi dan nilai tidak boleh kurang

19. Cetak bukti online.

20. Setelah diverifikasi oleh dinas pendidikan lakukan tahap penilaian.

21. Pengumuman terkait dengan pengajuan PAK oleh GTK Dinas Pendidikan.

Catatan: Apabila terdapat kesalahan upload, segera diupload ulang. Maka berkas file upload yang pertama akan hilang. Berganti pada upload yang kedua.

Hingga artikel ini diterbitkan, maka Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Online untuk Kenaikan Pangkat Guru belum bisa diakses lagi. Hanya pada saat pelatihan bisa diakses.

Oleh karena itu, silakan menunggu pengumuman lebih lanjut dari Bagian GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep. Diharapkan peserta utusan kecamatan yang terdiri dari perwakilan guru, kepala sekolah dan operator kecamatan dapat segera mensosialisasikan pada guru dalam wilayah satu gugusnya.

Bagi kabupaten lain, akan ada aplikasi yang relatif sama baik dan Dari sisi Manfaat dan fungi dari Aplikasi PAK Guru 2021. (yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *