Cara Mengetahui Reputasi Bisnis Online dengan Tools/Software

  • Bagikan
Cara Mengetahui Reputasi Bisnis Online dengan Tools/Software
Cara Mengetahui Reputasi Bisnis Online dengan Tools/Software - Istimewa

Unews.idCara Mengetahui Reputasi Bisnis Online dengan Tools/Software. Mengelola bisnis online “gampang-gampang susah”.  Untuk menjaga perkembangan bisnis online yang digeluti, memerlukan ketelatenan ekstra.

Menjaga dan mengetahui reputasi didunia maya, para pelaku usaha wajib mengetahui cara menjaga kredibilitas mereka.

Para pengusaha harus selalu rutin memantau reputasi bisnis online melalui aplikasi. Sehingga bisa mengetahui seberapa jauh bisnis Anda mendapat kepercayaan dari konsumen.

Cara Mengetahui Reputasi Bisnis Online dengan Tools/Software

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Out Of The Box

Hemat penulis, penting mengetahui tools untuk memonitor reputasi bisnis online para pelaku bisnis. Apalagi untuk pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Berikut ulasan beberapa tools/sofrware untuk mengetahui reputasi sebuah bisnis online yang dikelola.

  1. Google Suggest

Google Suggest adalah kata atau kalimat yang disarankan oleh google ketika kita mengetikkan kata utama di Google.

Cara menggunakan Google Suggest ini sangat mudah, Anda tinggal mengetikkan brand atau bisnis Anda di pencarian Google. Lalu tambahkan underscore (_) di belakang kata kunci Anda.

  1. Google Alert

Google Alerts merupakan mesin pencari dari Google yang disesuaikan untuk mengirimkan pemberitahuan bila ada konten baru. Google Alerts dapat melakukan scaning dan menarik informasi dari website, blog, penelitian, atau artikel yang relevan dalam jaringan Google.

Kelebihan Google Alerts lain yakni bisa dioperasikan dengan ringan melalui gawai apa pun. Baik komputer, laptop, tablet, atau ponsel. Sehingga saat santai, bisa membuka ponsel sekaligus mengecek reputasi bisnis online melalui gadget.

Cara Mengetahui Reputasi Bisnis Online dengan Tools/Software

Baca Juga: Gelar Wisuda ke-2, STISA Pamekasan Komitmen Dukung Program MBKM

  1. Social Mention

Social Mention akan membantu Anda memantu reputasi bisnis Anda di media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, dll.

di bawah logo dari Social Mention, ada 4 parameter yang bisa kita baca. Strength: Berapa persen kemunckinan merek Anda didiskusikan di media sosial. Sentiment: Rasio penyebutan positif dengan penyebutan negatif tentang merek Anda. Passion: Kemungkinan orang berbicara tentang merek Anda akan melakukannya berulang kali.

Reach: Jumlah penulis unik yang menulis tentang atau menyebutkan merek Anda.

  1. Review Trackers

Aplikasi ini sudah banyak dipercaya pelaku bisnis daring. Software ini dapat diandalkan karena keakuratannya sangat tinggi. Bagi yang tak terlalu melek teknologi tak perlu khawatir karena software ini mudah dioperasikan.

ReviewTrackers memiliki keunggulan mengumpulkan dan menganalisis ulasan daring dari semua situs ulasan utama. Juga dapat diandalkan dalam membantu bisnis multi-lokasi. Juga bisa menemukan dan menafsirkan data pelanggan. Sehingga Anda dapat mengoptimalkan operasi, meningkatkan SEO lokal, dan membangun loyalitas pelanggan.

Baca Juga: 7 Tanda-tanda Orang Memiliki Insting Kuat

  1. Naymsz

Naymz memiliki fitur yang dapat melacak dan mengelola lebih dalam produk bisnis online Anda. Seperti menganalisa pengaruh sosial hal tertentu terhadap lingkungan yang berhubungan erat dengan reputasi bisnis online Anda.

Semakin tinggi pengaruh sosial bisnis yang ditangkap Naymz, maka akan semakin positif pula reputasi dari bisnis online kita. Salah satu program Naymz yang patut diperhitungkan lainnya adalah Repscore merupakan program yang mengukur pengaruh bisnis secara online di seluruh jaringan sosial yang ada.

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Mengetahui Reputasi Bisnis Online dengan Tools/Software. Semoga bermanfaat. (ab/yy)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *