Cara Efektif Mengatasi Sesak Nafas

  • Bagikan
IMG 20211123 054332
ara Efektif Mengatasi Sesak Nafas (Istimewa)

Unews.idCara Efektif Mengatasi Sesak Nafas. Sesak napas dapat menyebabkan dada terasa sangat nyeri seperti dililit tali yang begitu kuat.

Utamanya bagi mereka yang terkena penyakit ini biasanya disebabkan berbagai factor seperti biologis, merokok, pola hidup tidak teratur, dan lain-lain.

Jika dibiarkan terlalu lama penyakit ini dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Sehingga segera melakukan antisipasi pengobatan agar tidak semakin parah paling utama.

Bagi setiap orang mungkin cara mengatasi sesak napas berbeda-beda.

Meski demikian, terdapat beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan agar bisa kembali bernapas dengan lega.

Baca Juga: Tips Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Efektif Mengatasi Sesak Nafas

Dilansir dari berbagai sumber, berikut dibawah ini cara efektif mengatasi sesak nafas:

Cara Efektif Mengatasi Sesak Nafas

1-Bernapas lewat hidung dan mulut

Salah satu cara paling sederhana dan cepat untuk mengatasi sesak napas yakni dengan bernapas menggunakan mulut.

Hal ini, karena dengan menarik dan membuang napas lewat mulut memungkinkan Anda mengambil udara lebih banyak, sehingga setiap embusan napas Anda lebih dalam dan efektif.

Selain itu, membuang napas lewat mulut ini juga dapat membantu melepaskan udara yang terperangkap di dalam paru-paru.

Kendati demikian, melakukan cara ini tidak bisa sembarangan. Berikut cara bernapas lewat mulut untuk mengatasi gejala sesak napas.

  • Lemaskan otot bahu dan leher Anda.
  • Perlahan-lahan ambilah napas dari hidung tahan selama beberapa detik.
  • Kerucutkan bibir seolah-olah Anda akan bersiul bersiul.
  • Buang napas secara perlahan lewat mulut.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

2-Duduk di kursi

Cara lainnya yakni dengan duduk di kursi. Istirahat sembari duduk dapat membantu merilekskan tubuh dan melegakan pernapasan Anda.

Oleh karena itu, ketika dada mulai terasa sesak, segera cari kursi dan duduk dengan kedua kaki mantap memijak ke lantai.

Setelah itu, condongkan dada sedikit ke depan dan letakkan siku di atas kedua lutut.

Selain itu, Anda juga bisa menopang dagu Anda dengan kedua tangan. Pastikan otot leher dan bahu Anda tetap rileks.

Langkah terakhir, ambil napas dalam pelan-pelan lewat hidung, dan embuskan secara perlahan.

Baca Juga: Cara Efektif Mengatasi Kedinginan di Musim Hujan

3-Merebahkan kepala di meja

Segera rebahkan kepala di atas meja apabila ketika Anda sedang duduk berhadapan dengan meja mengalami sesak nafas secara tiba-tiba.

Hal ini, karena bagi beberapa orang, posisi duduk seperti ini dinilai lebih nyaman untuk mengatur napas.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Duduk di kursi dengan kaki menapak di lantai dan posisi badan menghadap meja.
  • Lipat kedua tangan di atas meja dan rebahkan kepala pada lengan Anda
  • Atur napas pelan-pelan lewat hidung, atau bisa juga lewat mulut sampai terasa lebih lega

4-Berbaring

Berbaring merupakan salah satu cara mengurangi sesak napas Anda. Anda butuh rileks dan istirahat yang cukup agar segera teratasi dengan baik.

Sepeerti ketika Anda terbangun tidur karena merasa sesak napas, dalam keadaan masih di atas kasur segera atur posisi badan jadi berbaring telentang sebagai cara mengatasi masalah ini.

Kemudian, sangga kepala dengan bantal agar posisi kepala lebih tinggi dari jantung.

Jangan lupa untuk menyelipkan guling atau bantal tebal di bawah lutut Anda.

Pastikan punggung tetap dalam posisi lurus dan kedua tangan lurus di sisi badan.

5- Berdiri menyandar dinding

Berdiri menyandar pada tembok atau lainnya bisa turut membantu merilekskan tubuh dan saluran pernapasan Anda.

Berdiri dan bersandarlah pada dinding dengan menempelkan pinggul. Jaga agar kaki Anda terbuka selebar bahu dan tangan berada di samping kedua paha Anda.

Santailah dan condongkan badan sedikit ke depan.

Anda juga bisa berdiri sambil telapak tangan Anda bertumpu pada meja dan merilekskan otot leher dan bahu Anda.

Itulah, Cara Efektif Mengatasi Sesak Nafas. Semoga bermanfaat.(hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *