5 Cara Atasi Baterai HP Cepat Habis, Terbukti!

  • Bagikan
5 cara atasi baterai hp cepat habis
cara atasi baterai hp cepat habis - istimewa

UNews.idCara Atasi Baterai HP Cepat Habis, sejatinya bisa diatasi dengan beragam cara. Baterai boros alias cepat habis membuat terkadang membuat kita jengkel, terlebih hp android saat dibutuhkan urgent.

Mungkin saja hal ini pernah terjadi pada Anda. Hidup diera serba modern seperti saat ini. Smartphone menjadi salah satu kebutuhan pokok dan hampir tidak bisa terpisahkan dari kehidupan kita meski hanya sebentar.

Apakah Anda termasuk orang yang super aktif menggunakan ponsel? disarankan gunakan smartphone berkapasitas baterai besar, untuk meminimalisir terjadi keluhan.

Terkadang meski sudah menggunakan ponsel bertenaga baterai super besar, seringkali pengguna mengelu-elukan, kenapa baterai cepat habis? sehingga membuat aktivitas berselancar didunia maya menjadi terganggu.

Cara Ampuh Atasi Baterai HP Android Cepat Habis

5 cara ampuh atasi baterai Hp Android cepat habis dibawah ini bisa Anda jadikan referensi, kenapa Handphone kesukaan Anda seringkali mengalami low alias baterai cepat habis.

5 Cara Atasi Baterai HP Cepat Habis 100% Work

1. Operating System
Keutamaan menggunakan HP Android, kita bisa memantau/memonitor sistem operasi (operating system) apa saja yang membuat baterai smartphone kita cepat habis.

Cara mudah yang pertama yakni uninstal/hapus jika aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Caranya yakni masuk ke menu Setting – battery – dan lihat aplikasi apa saja yang mengakibatkan baterai hp Anda cepat habis (menyedot daya baterai) – uninstal – hapus.

2. File Sampah/Clear Cache
Sering-seringlah Anda masuk/mengunjungi menu file sampah/clear cache dan hapus. Metode ini cukup sepele, namun jika diabaikan maka kekuatan baterai Anda akan melemah dikarnakan file yang pernah Anda kunjungi (buka) menumpuk di salah satu file smartphone.

Biasanya salah satu aplikasi yang memiliki kinerja besar cukup mudah menghabiskan daya baterai seperti Google Play dan lain sebagainya. Kita tidak bisa menghapus peran dari Google Play, namun setidaknya kita bisa mengurangi tingkat pemakaian baterai di Google Play.

Cara mengatasinya, masuk ke menu Settings – Applications – All – Google Play services dan pilih Clear Cache. Lakukan metode ini secara bertahap, 2 minggu/1 bulan sekali

3. Sinyal Jelek (Airplane Mode)
Saat berada diluar jangkauan seluler alias No Signal, hal juga berdampak menghabiskan daya baterai. Dikarenakan kompone bagian ini terus bergerilya mencari sinyal, sehingga dapat menyebabkan hp panas dan baterai akan bekerja lebih ekstra.

Lebih baik jika Anda merasa berada diluar jangkauan (No Signal) matikan paket data agar baterai tidak mudah cepat habis

4. Power Saving
HP canggih seperti saat ini, sudah dilengkapi dengan menu power saving. Mode ini, akan beraktivitas otomatis jika dinyalakan sehingga dapat menyebabkan baterai boros.
Lebih baik non aktifkan (matikan) seperti menonaktifkan animasi dalam aplikasi, non aktifkan background

Biasanya yang akan dilakukan adalah dengan menghilangkan animasi di dalam aplikasi, nonaktifkan background sync, mematikan location service dan menurunkan tingkat brightness layar. Lebih ekstrem lagi, pada smartphone Samsung dan Huawei memiliki fungsi mode Ultra Power Saving, yang membuat smartphone kamu hanya dapat melakukan telepon & SMS.

5. Location Services
Hampir disetiap aplikasi meminta untuk mengaktifkan GPS. Aplikasi GPS pada beberapa aplikasi, masih bekerja saat tidak gunakan aplikasi tersebut. Ubah kemenu location services dan tentukan aplikasi apa saja yang akan/perlu digunakan, seperti Maps dan lain sebagainya.

Tambahan informasi Rawat Baterai HP kesayangan Anda dengan baik. Informasi umur baterai smartphone, sebenarnya sudah sesuai dengan informasi dari produsen dimana 10 ribu kali pengisian. Salah satu cara merawat baterai Hp agar tidak mudah low/rusak adalah tidak mengabaikan/membiarkan baterai panas.

Hindari kebiasan meletakkan smartphone pada dashboard mobil/pemakaian diluar ruangan siang hari dan ditambah brightness meningkat untuk mengimbangi silau cahaya, juga akan membuat baterai menjadi cepat habis/boros

Selain itu, jangan melepas Hp saat di charger jika belum mencapai 90 – 100% dan jangan biasakan gunakan smartphone saat baterai kapasitasnya sudah berada dibawah 10%.

Itulah 5 Cara Atasi Baterai HP Cepat Habis, Terima kasih sudah berkunjung di Unews.id. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. (yy)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *