Cara Alami Mengatasi Kesemutan

  • Bagikan
IMG 20211125 092602
Cara Alami Mengatasi Kesemutan -Istimewa

Unews.idCara Alami Mengatasi Kesemutan, Dijamin Efektif. Apabila umur diatas 40 tahun, seringkali kita mengalami kesemutan pada tangan atau kaki secara tiba-tiba.

Penyebab tersebut terjadi bisa karena usia dan makanan yang terlalu sering mengkonsumsi berlemak.

Tentu hal tersebut serasa tidak membuat kita nyaman dan merasa terganggu terutama dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Kesemutan atau dalam istilah medis disebut parestesia pada umumnya ditandai dengan rasa kebas atau mati rasa yang disertai sensasi seperti tertusuk jarum.

Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi memang paling sering terjadi di tangan dan kaki. Penyebab Utama Kesemutan Tangan dan Kaki

Terkadang kesemutan juga membuat bagian tubuh yang terdampak menjadi lemah dan kaku. Bila terjadi di kaki, kesemutan dapat membuat penderitanya sulit berjalan untuk sementara waktu.

Cara Alami Mengatasi Kesemutan

Admin akan membahas bagaiamana cara mengatasi kesemutan yang dialami seseorang dengan tepat yang dilansir dari kreditpintar.com:

Cara Alami Mengatasi Kesemutan

1. Ubah Posisi Tubuh

Paresthesia banyak disebabkan karena tertekannya saraf sehingga postur tubuh jadi kurang baik. Kebiasaan duduk dan berdiri dengan posisi salah juga meningkatkan tekanan pada tubuh sehingga memicu rasa kebas.

Cara mengatasi gejala Paresthesia ini, Sobat Pintar bisa menggunakan bantal sebagai alas ketika duduk. Selain itu, Sobat Pintar bisa pilih kursi yang nyaman untuk duduk dengan sandaran leher.

Baca Juga: Penyebab Utama Seseorang Mengalami Kesemutan

2. Istirahat Cukup

Paresthesia banyak terjadi karena kerusakan syaraf. Istirahat yang cukup bisa membantu penyembuhan syaraf. Hal tersebut disebabkan karena saat istirahat atau tidur, tubuh akan melakukan proses perbaikan secara alami.

Banyak kasus yang menyebutkan jika tangan dan kaki sejenak diistirahatkan begitu merasakan kebas, akan membantu meredakan gejalanya. Sangat disarankan juga bagi yang sering merasakan Paresthesia untuk menambah jam tidurnya.

3. Menggunakan Alat Khusus

Pada kasus terutama bagi penderita sindrom carpal tunnel, untuk menghilangkan rasa kebas yang dirasakan memang perlu bantuan alat khusus. Dengan alat tersebut akan membatasi pergerakan tangan. Biasanya alat khusus tersebut berupa sarung tangan.

4. Terapi Fisik

Cara mengatasi gejala Paresthesia lainnya adalah dengan jalan terapi fisik. Dengan melakukannya, penderita bisa menambah kekuatan ototnya yang berada di sekeliling syaraf yang rusak. Jika otot sudah cukup kuat, maka tekanan pada saraf bisa makin berkurang, dan gejala Paresthesia bisa reda dan jarang muncul kembali.

Baca Juga: Penyebab Migrain, Hindari Asap Rokok

5. Mengompres

Sobat Pintar juga bisa meredakan gejala Paresthesia dengan mengompres bagian tubuh yang terasa kebas. Paresthesia juga dapat diakibatkan oleh peradangan.

Peradangan tersebut bisa sedikit dikurangi dengan mengompres menggunakan air dingin atau hangat secara bergantian.

Itu dia tadi informasi tentang kesemutan atau Paresthesia. Penyakit ini memang bisa sembuh sendiri, tapi jika dirasa membutuhkan waktu lama untuk  reda.

Itulah, Cara Alami Mengatasi Kesemutan. Semoga bermanfaat.(hi/yy)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *