Bougenville: Tanaman Hias dan Obat Tradisional, Dijamin Penyakit Minggir

  • Bagikan
Bougenville Tanaman Hias dan Obat Tradisional Dijamin Penyakit Minggir
Bougenville - Istimewa

Unews.id, Bougenville: Tanaman Hias dan Obat Tradisional, Dijamin Penyakit Minggir. Bougenville merupakan tanaman hias yang cukup populer, biasanya dijadikan sebagai pembatas halaman pengganti pagar, hiasan di pekarangan maupun tanaman bonsai.

Bougenville sendiri terdiri dari beberapa jenis, bergantung pada warnanya. Tanaman cantik yang satu ini merupakan tanaman berbatang keras, berduri, berbunga kecil, berwarna putih kekuningan dengan seludang hampir menutupi sekitarnya.

Seludang adalah daun pelindung, menyerupai kelopak yang berada di sekitar bunga utama. Seludang mempunyai daya tarik tersendiri dari beberapa jenis tanaman hias lainnya. Manfaat lain dari tanaman hias cantik, tak disangka-sangka bisa tumbuh sebagai pembatas jalan dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Tahan Lama di Musim Hujan

Bougenville: Tanaman Hias dan Obat, Dijamin Penyakit Minggir

Pengobatan alternatif menggunakan tanaman hias, sudah dilakukan sejak dulu, terutama di Philipina, dan marak dibudidayakan di kawasan Asia dan Amerika.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat tanaman Bougenville

Khasiat dan Manfaat Tanaman Bougenville

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan, sangat menganggu aktifitas kita sehari-hari, seperti diare, perut kembung dan asam lambung. Untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut, rebus beberapa lembar daun tanaman dengan tiga gelas air, sampai mendidih hingga setengah gelas, kemudian mencampurnya dengan madu dan meminumnya sampai habis

Baca Juga: Manfaat Tanaman Obat Sintok Bagi Kesehatan

  • Penyaring Udara Alami

Dengan banyaknya aktifitas yang melibatkan beberapa benda disekitar kita, mengakibatkan udara tercemar. Polusi yang tersebar di udara di sekitar rumah kita mungkin tidak separah seperti di jalan raya, namun dari dulu sudah dikenal beberapa tanaman yang ampuh sebagai penyaring udara alami, selain lidah mertua, tanaman hias Bougenville juga berfungsi sebagai tanaman hias penyaring udara yang baik

  • Mengobati Bisul

Nah sobat, bisul adalah kondisi benjolan merah terkadang berisi nanah atau darah pada kulit akibat terjadi infeksi yang menyebabkan peradangan. Dengan mencuci bersi beberapa lembar seludang bunga bougenville dan mencampurnya dengan daun cocor bebek lalu menempelkan diatas bisul tersebut. Dengan melakukannya secara rutin, bisul tersebut akan kempes.

  • Obat Resistensi Insulin

Resistensi insulin adalah kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik akibat adanya gangguan dalam merespons insulin. Bunga tanaman ini juga bermanfaat untuk bisa mengatasi penyakit tersebut dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu dan dikonsumsi sebagai minuman teh.

  • Mengobati Biang Keringat

Jika kulit ruam, terasa ada bintik merah, gatal dan sedikit perih saat tubuh berkeringat, kemungkinan itu adalah gejala biang keringat. Tapi jangan khawatir, dengan mencampur bahan dari bunga bugenvil, lidah buaya dan daun sirih yang dicuci bersih, lalu merebusnya hingga mengental dan dingin kemudian jadikan obat oles

  • Mengobati Hepatitis

Ambil 15 gram batang bunga bugenvil, cuci bersih, rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum selagi masih hangat,  satu gelas perhari.

Itulah Khasiat dan Manfaat Tanaman Bougenville, Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. (ab/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *