Bisa Mengobati Penyakit Berbahaya, Ini 10 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

  • Bagikan
Bisa Mengobati Penyakit Berbahaya, Ini 10 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan
Bisa Mengobati Penyakit Berbahaya, Ini 10 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan (Istimewa)

Unews.idBisa Mengobati Penyakit Berbahaya, Ini 10 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan. Daun dewa merupakan tanaman asal Cina yang banyak dikembangkan di Asia Tenggara dan Afrika. Biasa daun ini akan tumbuh hingga memiliki panjang 20 cm dan lebar 10 cm.

Walaupun masih belum banyak diketahui, manfaat daun dewa sangat banyak untuk kesehatan. Daun dewa memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti Sapoins, minyak astiri, flavonoid, polifenol, asam hidroklorik dan vitamin K.

Jurnal frontiers in Pharmacology menjelaskan bahwa daun dewa memiliki nilai terapeutik yang tinggi dan memiliki potensi yang sangat besar untuk pengobatan medis.

Bisa Mengobati Penyakit Berbahaya, Ini 10 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

Berikut 10 manfaat daun dewa untuk kesehatan yang harus Moms ketahui:

10 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

1. Mengobati Stroke

Manfaat daun dewa yang pertama adalah mengobati stroke. Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat kerusakan jaringan di otak.

Jurnal Circulation Research menjelaskan stroke adalah penyebab utama kecacatan jangka panjang pada orang dewasa dan penyebab kematian kelima di AS, dengan sekitar 795.000 kejadian stroke di AS setiap tahun.

Daun dewa dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati stroke dengan konsumsi air rebusan daun dewa yang dicampur dengan biji ginko dan madu.

Cobalah rebus 60 gr daun dewa segar dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Minumlah air selagi hangat. Lakukan secara rutin 2 kali sehari. Setelah dilakukan selama 10 – 12 hari, pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu, perawatan dapat dilanjutkan.

2. Mengobati Rematik

Rematik adalah gangguan kesehatan yang memengaruhi sendi tulang Moms. Penyakit ini disebabkan oleh adanya peradangan dan nyeri pada persendian atau otot.

Untuk mencegah terjadinya rematik, Moms harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks, protein pada tingkat sedang, dan rendah lemak.

Penyakit yang banyak menimpa orang lanjut usia ini dapat diobati dengan manfaat daun dewa. Moms bisa konsumsi air rebusan campuran daun dewa dengan jahe merah dan akar vernna cineria.

Hal ini dikarenakan daun dewa mengandung zat bioaktif, alkaloid dan steroid. Steroid dan alkaloid yang ditemukan di tanaman ini dipercaya dapat menangkal peradangan.

Caranya ambil 30 gram daun tanaman daun dewa segar, bersihkan lalu rebus. Tumbuk dan diperas dengan sedikit air. minum setiap hari

Bisa juga siapkan 30 gram daun daun dewa segar, 10 gram jahe merah, dan 30 gram akar sawi langit. masukkan ke dalam 600 cc air, lalu rebus hingga tersisa 300 cc air. Saring dengan kain bersih dan minum.

3. Mengobati Diabetes

Manfaat daun dewa juga bisa mengobati diabetes. Diabetes adalah penyakit yang disebabkan ketika kadar gula dalam darah berlebih di dalam tubuh.

Jurnal SeatPearls menjelaskan memiliki beberapa kategori, di antaranya diabetes tipe 1, tipe 2, maturitas-onset usia muda (MODY), diabetes gestasional, diabetes neonatal, dan penyebab sekunder akibat endokrinopati, penggunaan steroid, dll.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, ditemukan bahwa ekstrak daun dewa dapat menurunkan indeks glikemik di dalam tubuh hewan.

Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa terjadi penurunan yang signifikan pada kadar glukosa darah puasa.

Untuk mencegah naiknya kadar gula darah di dalam tubuh, Moms bisa mencoba konsumsi air rebusan daun dewa secara rutin satu kali sehari.

Ambil 5 lembar daun tanaman daun dewa segar, seduh dengan 110 cc air. Minum sekali sehari sebanyak 100 cc.

4. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian yang tinggi di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa 7,3 juta kematian secara global disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan 6,2 juta disebabkan oleh stroke pada tahun 2008.

Pada tahun 2030, hampir 23,6 juta orang akan meninggal karena penyakit kardiovaskular setiap tahun. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung, seperti merokok, banyak konsumsi alcohol, obesitas, kurang istirahat dan kurang olahraga.

Cara alami untuk mengurangi risiko serangan jantung adalah dengan rutin konsumsi daun dewa yang dihaluskan dan direbus kemudian ambil airnya.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi merupakan kondisi penyakit kritis yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Hal ini adalah faktor risiko utama untuk beberapa penyakit kardiovaskular termasuk penyakit pembuluh darah koroner dan stroke.

Selama beberapa tahun terakhir, upaya signifikan telah dilakukan untuk mengeksplorasi tanaman obat dengan efek terapi antihipertensi, termasuk daun dewa.

Kandungan daun dewa dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan hipertensi, yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani.

Daun dewa dapat mencegah dan mengobati hipertensi dengan meningkatkan produksi oksida nitrat di pembuluh darah.

Kandungan oksida nitrat yang ada di dalam jantung dapat membantu memperbesar pembuluh darah dan memungkinkan aliran darah lebih lancar.

Kalau Moms ingin merasakan manfaat daun dewa untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bisa konsumsi air rebusan tanaman asal Cina ini dua kali sehari. Moms juga bisa menambahkan daun dewa dalam menu salad Moms.

6. Menyembuhkan Luka

Manfaat daun dewa juga bisa dirasakan saat Moms atau si kecil memiliki luka bakar di tubuh. Moms hanya perlu menumbuk daun dewa kemudian campurkan dengan gula merah dan tempelkan ke bagian tubuh yang luka untuk menyebuhkan. Tutup bagian yang sakit dan ikat dengan kain bersih atau perban.

Selain itu, khasiat tanaman ini juga bisa mengobati luka memar. Moms hanya perlu campurkan beberapa helai daun dewa yang dihaluskan dengan beberapa daun tanaman jarak dan letakkan pada bagian yang memar.

7. Menyembuhkan Kutil

Kutil juga dikenal sebagai papiloma, itu adalah jenis tumor jinak yang ada pada kulit yang disebabkan oleh penebalan berlebihan pada lapisan luar kulit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun dewa mengandung senyawa antiherpetik, seperti turunan asam caffeoylquinic, glukosida fitosterol, dan glikogliserolipid.

Kandungan flavonoid dalam tanaman ini kemungkinan memberikan efek anti-inflamasi yang bermanfaat bagi pasien herpes.

Cara menggunakannya untuk obat kutil, potong-potong daun dewa dan tempelkan pada kutil, ikat dengan kain atau hansaplast.

Cara lainnya, ambil 5 lembar daun dewa, haluskan. Lalu oleskan pada bagian yang terdapat kutil, kemudian dibalut. Bukalah keesokan harinya.

Atau Moms juga bisa mencoba menumpuk beberapa daun dewa dan menempelkannya pada kutil, kemudian tutup dengan selotip.

8. Mengobati Batuk Darah

Gangguan pernapasan seperti batuk, seringkali merupakan gejala umum dan normal dari beberapa penyakit batuk.
Namun, Moms perlu lebih berhati-hati saat batuk mulai mengeluarkan. Karena hal ini merupakan gangguan serius pada kesehatan Moms.

Untuk mengatasinya, Moms bisa mencoba manfaat daun dewa sebagai ramuan untuk membantu pengobatan. Caranya adalah dengan meminum satu porsi dari rebusan daun tersebut sebanyak tiga kali sehari, secara rutin masing-masing setengah gelas.

Selain mengobati batuk darah, ramuan ini juga dapat membantu menghentikan pendarahan saat hamil.

9. Mengobati Kejang Pada Anak

Moms pasti pernah menghadapi anak kejang saat mengalami demam tinggi. Kejang terjadi ketika satu atau lebih bagian otak mengalami ledakan sinyal listrik abnormal yang mengganggu sinyal normal.

Ada banyak jenis kejang. Masing-masing dapat menyebabkan gejala yang berbeda. Ini berkisar dari gerakan tubuh ringan hingga kehilangan kesadaran dan kejang.

Saat anak mengalami kejang, Moms bisa mencoba manfaat daun dewa sebagai pertolongan pertama. Moms hanya perlu merebus daun dewa yang sudah ditumbuh, kemudian berikan kepada si kecil.

10. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang disebut dengue. Penyakit tersebut dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.
Penyakit ini menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Gejala biasanya mulai tiga hingga empat belas hari setelah infeksi.

Gejala yang ditimbulkan antara lain, demam tinggi, sakit kepala, muntah, nyeri sendi dan otot serta ruam pada kulit bahkan dapat menimbulkan bintik merah.

Untuk membantu proses pengobatannya, Moms dapat minum satu gelas air rebusan daun dewa sebanyak dua kali sehari. (val/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *