Bikin Gacor, Ini Racikan dan Kandungan Pakan Anis Merah

  • Bagikan
Lebih Intim dengan Anis Merah Sang Maskot Burung Berkicau0A
Burung Anis Merah (Istimewa)

Unews.id – Anis merah merupakan merupakan salah satu jenis burung kicau yang tergolong burung fighter yang sangat banyak dipelihara oleh para kicau mania karena suaranya yang khas sekali.

Selain itu, ada satu hal yang menjadi ciri khas yang hanya dimiliki oleh Anis Merah yaitu teler. Istilah ini menunjukkan Anis Merah yang berkicau kencang seperti sedang teler. Untuk membuatnya teler bisa dilihat dari usianya juga.

Pada umumnya, Anis Merah bisa teler jika sudah menginjak usia 7 sampai 8 bulan. Namun hal yang paling mendasar agar Anis Merah gacor, ngeplong, dan teler adalah perawatan Anis Merah itu sendiri, salah satunya adalah makanan Anis Merah.

Sedangkan, soal menu makanan anis merah, kamu bisa membelinya di kios burung atau anda bisa membuat racikan pakan Anis Merah di rumah seperti berikut ini.

A. Racikan Pakan Anis Merah

Pakan anis merah agar gacor
Dalam membuat racikan pakan anis merah agar gacor dan teler diperlukan bahan-bahan yang diantaranya :

1. Bahan Baku Racikan Pakan Anis Merah Hewani

Daging ikan mas 20-30 bagian
• Cacing tanah 10-15 untuk asupan protein anis merah
• Daging belut secukupnya
• Kuning telur rebus 3
• Madu 4 sendok
• Butir minyak ikan / 1 sendok makan

2. Bahan Baku Pakan Anis Merah Nabati

• Tepung jagung (maizena) 5-10 gr.
• Tepung kacang hijau 10-15 gr.
• Jeruk manis 1 buah
• Tepung daun (Bayam dan daun singkong)

B. Kandungan Gizi Bahan Baku Pakan Anis Merah

Mulai dari bahan tepung jagung. Kenapa tepung jagung di gunakan sebagai bahan pembuatan racikan pakan burung Anis Merah? Karena dalam tepung jagung mengandung banyak sekali vitamin A.

Kacang hijau juga merupakan salah satu bahan makan yang pas untuk Anis Merah. Karena kacang hijau mengandung banya sekali vitamin B1. Sedangkan untuk Vitamin C, bahan yang cocok untuk di buat racikan yaitu tepung daun bayam, dan jeruk manis.

Cara Membuat Racikan Pakan Anis Merah
Untuk ikan, belut dan cacing. Silahkan kami iris kecil-kecil dan kemudian jemur hingga kering. Tapi sebelum dijemur usahakan untuk membersihkannya dulu. Terutama lendir pada belut dan cacing. Setelah kering, tumbuk bahan tersebut hingga halus.

Pada bagian kuning telur, kamu bisa menghaluskan atau menghancurkannya dan dijemur sampai kering. Sehingga terlihat halus seperti halnya tepung.
Setelah bahan tadi sudah kamu proses dengan baik, campurkan minyak ikan, madu dan hasil perasan jeruk manis ke dalamnya.

Kemudian, siapakan wadah sebagai tempat untuk mencampurkan adukkan tepung yang sudah halus tadi sampai rata. Selanjutnya disusul dengan tumbukan ikan, belut dan cacing dan juga rebusan telur.

Setelah tercampur rata, masukan bahan baku pakan madu, minyak ikan, dan air jeruk ke dalam gelas yang sudah disipakan. Aduk semua bahan, dan tambahkan vitamin secukupnya yang bisa anda dapatkan di kios burung.

Aduk hingga racikan pakan Anis Merah lengket, atau tercampur dan melekat. Jika belum bisa melekat dan tercampur secara merata, kamu bisa mengggunakan air hangat sedikit demi sedikit.

Setelah semua adonan tercampur, masukan adonan ke dalam wadah yang diatasnya diberi kertas agar tidak kotor dan lengket. Kemudian jemur adonan. Dianjurkan untuk tidak menjemurnya terlalu kering. Selanjutnya, angkat dan hancurkan menjadi remahan kecil, dan jemur kembali hingga kering.

Nah, itu dia cara meracik pakan Anis Merah agar gacor, ngeplong, dan teler! Mudah kan? (val/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *