Ajaib ! Leunca Sembuhkan Banyak Penyakit Luar dan Dalam

  • Bagikan
tanaman dan buah leunca
Leunca (Istimewa)

Unews.id – Berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau, leunca merupakan salah satu jenis sayuran yang masih termasuk ke dalam suku terung. Memiliki nama latin Solanum nigrum, leunca sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam lalapan khas masyarakat Sunda.

Meski memiliki rasa yang pahit, leunca menyimpan banyak nutrisi yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh. Leunca diketahui memiliki kandungan berupa vitamin A, zat besi, vitamin C, vitamin B1, kalsium, seng, fosfor, dan lain sebagainya.

Dengan beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, maka tak heran jika sayuran ini dinilai mampu mengatasi berbagai masalah pada kesehatan, salah satunya adalah untuk mencegah kanker.

Mengonsumsi leunca tentu akan sangat baik bagi tubuh Anda. Dan untuk mengonsumsinya, Anda bisa mengolah leunca menjadi berbagai masakan. Berikut beberapa manfaat leunca :

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Leunca memiliki kandungan vitamin A, B1, dan C. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan vitamin C yang ada pada leunca dapat digunakan untuk merawat dan mendukung kesehatan kulit.

Ini tidak lepas dari vitamin C yang memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat menghalau radikal bebas, dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit. Saat sel kulit rusak, maka akan berimbas pada sejumlah masalah kulit, seperti kerutan, flek hitam, dan garis-garis halus.

2. Mengatasi Sakit Kepala

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Masalah kesehatan ini biasanya muncul secara tiba-tiba dan bertahap. Rasa nyeri yang ditimbulkan bisa di satu sisi, atau bahkan di seluruh kepala.

Meski banyak orang sering menyepelekan penyakit ini, penderitanya tentu akan merasa tidak nyaman dan terganggu. Untuk meredakannya, manfaat leunca bisa digunakan.

Leunca memiliki kandungan analgetik, yang dinilai mampu meringankan sakit kepala. Bahkan di Meksiko, leunca biasa digunakan sebagai obat sakit kepala.

3. Obat Alami Untuk Demam

Leunca memiliki sifat antipiretik yang dapat digunakan untuk menurunkan panas. Karena itulah, leunca juga dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan demam.

Zat antipiretik sendiri biasanya terkandung dalam obat demam atau penurun panas. Obat antipiretik tersebut bekerja dengan cara menghambat sintesa dan pelepasan prostaglandin E2.

4. Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Manfaat leunca untuk mencegah dan menyembuhkan infeksi saluran kemih ini berkaitan dengan kandungan senyawa antidiuretik yang ada di dalamnya.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada organ saluran kencing. Bakteri penyebab infeksi ini dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih, dan tabung yang mengalir di antara organ-organ tersebut.

Gejala dari penyakit ini bisa seperti sering buang air kecil (anyang-anyangan), nyeri saat kencing, urine keruh atau berbau, hingga adanya nanah atau darah dalam urine.

5. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Terkadang, butuh waktu yang lama untuk sembuh total dari penyakit ini.

Leunca memiliki kandungan senyawa yang berguna untuk mencegah kanker, seperti solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine. Keempat senyawa ini diyakini dapat mencegah sel kanker yang tidak terkendali.

Kanker payudara, leher rahim, lambung, hingga saluran pernapasan adalah beberapa jenis kanker yang bisa dicegah oleh keempat senyawa itu. (val/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *