7 Tips Meningkatkan Minat Baca, Dijamin Hobi

  • Bagikan
7 Tips Meningkatkan Minat Baca, Dijamin Hobi
7 Tips Meningkatkan Minat Baca, Dijamin Hobi - Istimewa

Unews.id – Membaca merupakan salah satu cara meningkatkan ilmu pengetahuan dalam aspek kognitif. Dengan membaca proses tranformasi berfikir mampu melawan kebodohan, fanatisme, dan melawan ketidakadilan. Sayangnya masyarakat di Indonesia pada umumnya tingkat literasinya masih minim (sedikit).

Berdasar hasil survey yang dilakukan Program for International Student Assesment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) 2019.

“Tingkat literasi Indonesia pada penelitian di 70 negara itu berada di nomor 62, ” kata Staf ahli Menteri dalam negeri (Mendagri) dikutip unews.id dari Tribunnews.com.

Untuk berdaya saing dengan negara lain, sangat dibutuhkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, untuk menjawab opini tersebut semua bisa teratasi dengan cara meningkatkan Literasi (membaca). Hal ini dikarenakan implikasi membaca mampu menciptakan insan akademis, kreatif dan inovatif dalam membangunn peradaban Bangsa.

Baca Juga: Twibbon Hari Guru Sedunia

7 Tips Meningkatkan Minat Baca, Dijamin Hobi

Berikut beberapa Tips Meningkatkan Minat dan Baca

Tips Meningkatkan Minat Baca

1. Niat dan motivasi

Hal ini harus termanifestasi masing-masing individu, niat dan motivasi untuk membaca. Apabila niat dan motivasi membaca sudah melekat, maka secara otomatis akan  menimbulkan kecintaan dan proaktif menuntaskan kebodohan. Sebaliknya, jika niat dan motivasi salah atau plin-plan, maka tidak dipungkiri individu tersebut akan tetap bersikap apatis terhadap kondisi sekitar. Untuk itu usahakan membaca setiap hari meski hanya 10-20 menit perhari

2. Awali Membaca Bahan Bacaan Ringan

Bagi anda yang baru memulai aktifitas membaca, mulailah dengan bacaan ringan dan disukai. Sebab dengan membaca bacaan yang mudah Anda akan lebih senang dan mudah mencerna maksud dan isi bacaan tersebut. Sebaliknya jika buku yang Anda baca berat atau sulit dicerna, maka lebih besar tercipta rasa malas membaca. Cari buku yang disukai dan mulai membaca secara perlahan-lahan.

Baca Juga: Cara Mengoperasikan Aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Kenaikan Pangkat Guru 2021-2022

3. Pinjam/Beli Buku dan List

Hal yang tidak kalah pentingnya yakni meminjam buku keteman/perpustakaan/ membeli buku. Anda juga bisa mengoleksi buku dengan bahan bacaan yang diminati. Kalau perli list buku apa saja setiap hari yang harus dibaca

4. Sisihkan Waktu dan Durasi Membaca

Cobalah Anda bisa menyisihkan waktu setiap hari untuk melungkan dengan aktifitas membaca. Jangan menunggu Anda tidak sibuk, tapi sisihkan waktu sebentar 15-20 menit untuk membaca. Lalukan aktifitas membaca secara bertahap. Jangan memaksakan diri ketika Anda lelah lalu membaca.

5. Meningkatkan Rasa Ingin Tahu

Nah, untuk poin kelima ini penting disimak. Jika Anda merasa butuh memperkaya wawasan, maka rasa motivasi dan giat membaca akan tumbuh dengan sendirinya. Bahkan Anda akan merasa haus akan ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Pengumuman: Hasil Seleksi Kompetensi 1 dan Nilai Ambang Batas Seleksi PPPK 2021

Seperti kata Filsuf Socrates, “Semakin Anda Belajar, Maka Semakin Merasa Bodoh”. Artinya Anda akan menyadari bahwa memiliki keterbatasan dalam ilmu pengetahuan.

6. Membaca Saat Istirahat atau Sebelum Tidur

Nah, untuk yang satu ini sangat penting dimanej saat Anda ingin membaca. Saat akan istirahat merupakan waktu yang sangat pas untuk membaca. Duduk tenang bersantai dirumah sembari menggali informasi dengan membaca. Ingat sebelum tidur usahakan Anda membaca sehingga cepat kaya bahan bacaan, namun jangan membaca sambil rebahan badan, karena dapat merusak penglihatan kita

7. Seringlah Berdiskusi

Berdiskusi, sangat penting dilakukan para pembaca. Dengan melakukan diskusi, Anda akan mendapat wawasan informasi dari lawan diskusi dan yang pasti Anda juga kaya akan bahan refrensi dan memahami bahan bacaan tidak hanya berasal dari sudut pandang kita sendiri.

Itulah 7 Tips Meningkatkan Minat Baca, Dijamin Hobi. Anda bisa melakukan dari sekarang untuk memperkaya wawasan. Jangan pernah menunda-nunda waktu dan cobalah dari sekarang. Karena membaca adalah melawan kebodohan. Terima kasih dan selamat membaca. (hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *