7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

  • Bagikan
tomat
7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan - Istimewa

Unews.id 7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan.

Terlepas dari penyebutan tomat sebagai sayur dan buah, tomat merupakan salah satu yang digemari oleh beberpa orang. Selain memiliki rasa yang unik, tomat juga memiliki kandungan gizi yang tinggi untuk meningkatkan kesehatan pada tubuh.

7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa manfaat tomat yang bisa dirasakan oleh manusia. Seperti:

1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan likopen dan betakaroten pada tomat mampu mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, likopen yang terkandung di tomat mampu menurutkan kolestrol yang menjadi salah satu pemicu penyakit jantung.

Baca Juga: 9 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

2. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan vitamin C dan Antioksidan yang terkandung di dalam tomat mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Tidak hanya itu, betakaroten mampu untuk mencegah tumor pada penderita kanker.

7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

3. Memperlancer Pencernaan

Tomat memiliki beberapa serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin, masalah sembelit bisa teratasi. Selain itu, tomat juga berfungsi untuk menghentikan diare.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Betakarotin yang terkandung di dalam tomat mampu untuk menjaga kesehatan mata. Orang yang mengkonsumsi tomat akan mengalami penurunan risiko terhadap degenerasi makula neovaskular hingga 35 persen.

Baca Juga: Bisa Mengobati Penyakit Berbahaya, Ini 10 Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, kandungan kolagen pada tomat juga mampu untuk memperbaiki pertumbuhan kulit, rambut, hingga kuku. Vitamin C juga mampu sebagai pembetuk kolagen dalam tubuh.

6. Menjaga kadar diabetes

Penderita diabetes yang mengkonsumsi tomat selama rentan waktu tertentu akan mengalami penurunan preoksidasi lipid. Dimana zat yang disebut radikal bebas menyerang lemak, yang mengakibatkan kerusakan jantung.

Reaksi ini menjadi penting, karena diabetes bisa melipatgandakan stroke dan serangan jantung. Manfaat tomat adalah utuk mengurangi risiko tersebut

7. Mengurangi risiko stroke

Kandungan likopen dalam tomat sangat membantu mengurungi risiko stroke pada seseorang. Likopen ini dapat mengurangi peradangan, pembekuan darah hingga membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Itulah 7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat. (kk/yy)

Penulis: khosnol khotimahEditor: redaksi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *