6 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rusak

  • Bagikan
6 Cara Merawat Rambut I sumner womantalk. com

Unews.idCara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rusak, sejatinya cukup mudah dilakukan, namun terkadang sebagian orang mengabaikan padahal rambut merupakan mahkota untuk membantu penampilan kita sehari-hari

Apakah pernah selama ini Anda merawat rambut? atau jangan-jangan rambutmu saat ini kurang sehat alias rusak karena tidak terawat?

Merawat rambut sangat penting, agar rambut tumbuh sempurna, sehat, tidak rontok, bercabang, kering, dan menjaga kebersihan kulit kepala dari ketombe.

6 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rusak

Berikut beberapa cara merawat rambut agar rambut kamu tidak rusak:

1. Jadwal Keramas Sesuai Jenis Rambut.

Keramas adalah cara perawatan rambut yang salah, karena faktanya frekuensi keramas hendaknya dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu, sesuai dengan jenis rambut, seperti jenis rambut krio atau memiliki rambut ikal yang padat, alangkah baiknya jangan keramas terlalu sering, lakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Memilih Shampo dan Kondisioner yang tepat.

Gunakan shampo, sesuai dengan jenis rambut dan permasalahan rambut yang Anda alami, semisal mengalami kulit kepala bertekombe, rambut rontok, rambut bercabang dan sebagainya.

Hindari shampo yang mengandung bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate dan sodium lauryl sulfate. Ketika akan keramas, gunakan air biasa atau air hangat. Karena, air hangat dipercaya menghilangkan minyak rambut yang dapat membuat rambut Anda kusam.

Setelah menggunakan shampo, jangan lupa mengoleskan kondisoner agar rambut tetap lembut dan mudah diatur.

3. Keringkan Rambut Dengan Benar

Mengeringkan rambut dengan gosokan keras merusak keindahan rambut, bahkan membuat jumlah rambut rontok semakin banyak.

Cara mengeringkan rambut dengan benar adalah dengan menepuk-nepuk rambut perlahan-lahan hingga kering.

4. Rutin Memotong Ujung Rambut.

Memiliki rambut panjang menyebabkan ujung rambut bercabang dan mengalami kerusakan, disarankan memotong ujung rambut setiap 10-12 minggu sekali.

Namun jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan catokan, lakukan hal tersebut 6-8 minggu sekali, guna menghindari rambut bercabang.

5. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Tidak hanya kulit, sinar matahari juga dapat merusak rambut. Saat rambut terkena sinar matahari, mengurangi kelembapan rambut dan membuat rambut menjadi kering dan kusam.

Jangan lupa penuhi asupan vitamin dan mineral, jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan rambut rusak, seperti kekurangan zat besi yang memicu terjadinya rambut mudah rontok.

Itulah beberapa 6 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rusak. Ingat Merawat rambut tidak hanya menjadi anjuran perempuan saja, laki-laki juga penting menjaga rambut agar tidak mudah rusak.

Terima kasih sudah berunjung di Unews.id. Semoga bermanfaat. (yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *