6 Bahan Alami, Ampuh Menghilangkan Ketombe

  • Bagikan
6 Bahan Alami, Ampuh Menghilangkan Ketombe
6 Bahan Alami, Ampuh Menghilangkan Ketombe - foto: kapanlagi.com

Unews.id6 Bahan Alami, Ampuh Menghilangkan Ketombe. Mempunyai masalah ketombe memang sangat menjengkelkan. Apalagi saat serpihan-serpihan ketombe jatuh mengotori baju kita, memalukan?. Tak ayal sebagian orang mencari referensi dan beragam cara agar bisa terlepas dari problemika rambut yang satu ini.

Ketombe tidak akan muncul begitu saja, penyebab munculnya ketombe di kepala. Salah satunya adalah kulit kepala terlalu kering, berminyak, infeksi jamur, dan ditopang dari faktor kebiasaan yang kurang baik (malas berkeramas)

Baca Juga: Merawat Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Dengan 5 Bahan Alami Berikut

6 Bahan Alami, Ampuh Menghilangkan Ketombe

Agar terbebas dari gangguan ketombe, salah satunya yakni wajib/rutin melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa bahan Alami versi unews.id yang dipercaya bisa membantu mengatasi Ketombe.

6 Bahan Alami, Ampuh Menghilangkan Ketombe

1. Tea Tree

Tea tree oil, memiliki kandungan antimikroba dan anti peradangan yang dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Namun untuk pemilik kulit sensitif, jangan menggunakan Tea Tree Oil pada kulit kepala secara langsung, karena dapat mengakibatkan iritasi.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rusak

Campurkan Tea Tree Oil dengan minyak kelapa sebelum diaplikasikan ke kulit kepala, ulangi penggunaan ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

2. Minyak Kelapa

Kulit kelapa yang kering, dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Namun dalam hal ini bisa diatasi dengan menggunakan minyak kelapa, karena minyak ajaib yang satu ini mampu menghindari kulit kepala munculnya dehidrasi.

Minyak kelapa memiliki sifat Anti Mikroba, berpotensi dapat mencegah terjadinya jamur, (penyebab timbulnya ketombe).

Cara menggunakannya, gunakan 2 sendok makan minyak kelapa, aplikasikan pada rambut sambil dipijat dengan lembut, diamkan selama satu jam lalu bilas menggunakan shampo.

3. Lidah buaya

Bahan alami lain yang ampuh mengusir Ketombe dan membantu membantu permasalahan rambut dan kulit kepala yakni lidah buaya. Kandungan zat aktif dan anti jamur dalam lidah buaya ini sangat ampuh mengatasi ketombe yang mengganggu pada rambut kita.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rusak

Gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala, pijat secara perlahan-lahan sampai benar-benar terserap ke dalam kulit kepala. Selanjutnya diamkan selama satu jam lalu, bilas sampai bersih. Gunakan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya juga sangat ampuh menghilangkan ketome secara permanen. Cara penggunaannya yakni, oleskan minyak zaitun pada  kulit kepala, diamkan selama satu jam lalu sisir rambut secara perlahan. Hal ini bisa dilakukan dengan secara bertahap untuk mengatasi rambut agar tidak mudah berminyak.

5. Garam

Bumbu dapur yang satu ini, ternyata juga sangat ampuh menghilangkan ketombe. Garam diklaim dapat mengeksfoliasi timbunan sel-sel kulit mati yang nangkring di kepala. Tidak hanya itu saja, garam juga memiliki sifat anti jamur berguna membantu meminimalisir pertumbuhan jamur di kepala kita.

Caranya cukup mudah, pertama oles/basahkan rambut terlebih dahulu, kemudian taburkan garam dan pijat kulit kepala secara perlahan agar ketombe yang bertamu dirambut Anda rontok (pergi). Terakhir gunakan shampo dan bilas rambut sampai bersih.

6. Soda Kue

Kandungan zat eksfolian yang terdapat pada soda kue atau baking soda, mampu mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati dikepala kita. Caranya yakni, larutkan 1/2 sendok teh soda kue ke dalam air sampai mengental, oles perlahan-lahan hingga merata pada kulit kepala kita, diamkan lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

Itulah 6 Bahan Alami, Ampuh Menghilangkan Ketombe versi unews.id. Terima kasih sudah membaca artikel kesehatan dari kami, semoga bermanfaat. (yn/y2k)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *