5 Teknik Dasar Edit Foto, Kamu Wajib Tahu

  • Bagikan
ladybug 1331779 340

Unews.id5 Teknik Dasar Edit Foto, Kamu Wajib Tahu

Bagi sebagian fotografer,jarang sekali yang langsung puas denga hasil foto secara langsung. Pengaturan standar di kamera DSLR maupun di HP jarang sekali yang  memberikan efek yang diinginkan.

Oleh karena itu, seorang fotografer sering meminta waktu pada klien untuk memperbaiki hasil foto yangmereka bidik.

Kehadiran smartphone , baik android maupun Apple sudah banyak menyedian aplikasi edit foto maupun video secara gratis, dan tak jarang aplikasi terbut digunakanoleh para fotografer untuk membantu editing.

5 Teknik Dasar Edit Foto, Kamu Wajib Tahu

Namun,  mengedit tidak hanya sekedar mengubah foto dan tampilannya saja, ada beberapa Teknik yang harus mereka pahami. Karena jika tidak, hasil foto tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa Teknik editing foto yang harus kalian ketahui:

  1. Croping

Teknik ini merupakan keahlian dasar yang paling efektif untuk menarik perhatian orang yang melihat ke fokus yang ingin kamu tuju. Biasanya pemangkasan dilakukan untuk menghilangkan objek yang tak sengaja masuk ke dalam frame.

Saat melakukan pemangkasan kamu juga perlu memerhatikan aturan sepertiga (rule of thirds) dalam hal komposisi frame. Aturan ini singkatnya adalah menempatkan objek pada titik persimpangan dari garis pandu frame.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik, Wajib Dimilki Content Creator.

  1. Rotasi

Teknik rotasi ini dapat mengkoreksi perspektif ini sekaligus menghilangkan distraksi yang tak sengaja tertangkap.

Tips agar lebih mudah melakukan rotasi adalah dengan menggunakan grid sebagai panduan yang lebih presisi. Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan setelahnya untuk melakukan framing.

Rotasi juga dilakukan tak hanya untuk membenarkan posisi. Adakalanya teknik ini digunakan sebagai alat kreativitas yang membuat hasil foto menjadi tidak biasa.

5 Teknik Dasar Edit Foto, Kamu Wajib Tahu

  1. Warna

Saat ini sudah banyak aplikasi edit foto yang memiliki fitur Auto Color Correction yang hasilnya terbilang bagus, tapi tak selalu sesuai yang diinginkan.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan penyesuaian Level (RGB channels), Hue/saturation, dan menggunakan filter foto. Koreksi warna juga bisa dilakukan untuk menciptakan hasil yang monokrom.

Baca Juga: Resep Masakan Pae Khas Sumenep

  1. Penajaman

Sharpening (penajaman) selalu menjadi tahap terakhir dalam proses editing foto. Efeknya sesuai dengan namanya, yaitu melakukan penajaman terhadap tepi foto dan detail-detail yang kecil.

Hal ini akan membuat kontras foto secara keseluruhan meningkat dan membuat foto terlihat berbeda. Hasilnya akan sangat terlihat jika foto tersebut memiliki area yang lebih halus atau buram.

Begitulah Informasi 5 Teknik Dasar Edit Foto, Kamu Wajib Tahu.  Semoga Bermanfaat. (ab/yy)

 

 

 

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *