5 Kebiasaan Buruk Pemicu Munculnya Jerawat

  • Bagikan
ilustrasi kulit berjerawat (Foto : Harper'z bazar Indonesia)
ilustrasi kulit berjerawat (Foto : Harper'z bazar Indonesia)

Unews.id, 5 Kebiasaan Buruk Pemicu Munculnya Jerawat. Setiap orang pasti menginginkan wajah mulus dan terbebas dari jerawat. Wanita pada umumnya rela melakukan perawatan rutin sampai membeli obat yang diyakini bisa mengusir bintik merah meski harus merogoh kocek dalam jumlah lumayan besar.

Ingat merawat wajah bermasalah gampang-gampang susah. Penyebab munculnya jerawat disebabkan beberapa faktor.

Selain perubahan hormon, jerawat juga bisa muncul karena asupan makanan yang dikonsumsi maupun faktor genetik.

5 Kebiasaan Buruk Pemicu Munculnya Jerawat

Berikut 5 kebiasaan buruk yang dapat memicu timbulnya jerawat dan harus di hindari

  1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Wajah kotor seringkali dianggap sebagai penyebab jerawat. Namun, mencuci muka terlalu sering juga tidak baik, karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul.

Sebagai gantinya, cuci muka di pagi hari saat bangun dan malam sebelum tidur. Saat mencuci muka, kamu bisa menggunakan air hangat atau air bersih, dan sabun pembersih wajah dengan formulasi yang ringan.

Oleskan pembersih wajah menggunakan ujung jari dan pijat secara lembut. Hindari menggunakan kain waslap untuk menyeka wajah, karena berisiko menyebabkan iritasi kulit.

  1. Terlalu Keras Menggosok Kulit

Menggosok kulit kamu dengan waslap atau exfoliant yang keras akan menyebabkan iritasi. Hal ini dapat memperburuk kulit dan merangsang pertumbuhan jerawat baru. Untuk mencegah jerawat, cucilah hanya dengan air hangat dan pembersih yang lembut.

  1. Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Menyentuh wajah dengan tangan kotor merupakan kebiasaan buruk penyebab jerawat yang sangat dilarang. Ini adalah penyebab jerawat yang paling sering dilakukan banyak orang. Bakteri dan berbagai kotoran yang menempel di tangan kamu dapat menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori.

Hal inilah yang membuat kulit kamu jadi rentan berjerawat. Untuk menghindarinya, kurangi kebiasaan menyentuh wajah atau gunakan tisu bersih saat menyentuh jerawat. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan dengan rutin cuci tangan.

  1. Mengupas Kulit dan Memencet Jerawat

Meskipun sangat ingin mengelupas atau memencet jerawat di wajah, sebisa mungkin hindari kebiasaan ini. Kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan peningkatan radang karena meremas nanah di dalam kulit. Tindakan ini bahkan bisa meninggalkan bekas luka.

Saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam. Ini membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat. Untuk mengatasi jerawat, gunakan obat khusus jerawat.

Hindari menyentuh jerawat, apalagi dengan tangan yang kotor, sebab minyak dan kotoran dari tangan dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat.

  1. Tidak Memperhatikan Jenis Kosmetik

Jika kulit wajah kamu cenderung berjerawat, hindari memakai kosmetik yang mengandung minyak. Saat akan membeli makeup dan produk kulit lainnya, cari opsi bebas minyak yang berlabel “non-acnegenic” atau “non-comedogenic” untuk membantu mencegah jerawat dan komedo.

Selain itu, hindari penggunaan make-up secara berlebihan. Gunakan obat jerawat sebelum menggunakan make-up, kemudian bersihkan menjelang tidur. Ada pula jenis make-up yang bisa kamu gunakan untuk membantu menyembunyikan jerawat.

Itulah 5 kebiasaan buruk pemicu munculnya jerawat. Jangan sampai kamu memiliki kebiasaan buruk ini ya.

 

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *