4 Tips Merawat dan Memelihara Burung Ocehan, Baru Beli

  • Bagikan
4 tips Cara merawat dan memelihara korban

Unews.id, Semua orang pasti berharap burung ocehan miliknya bisa memamerkan suara kicauannya.

Namun sayang, keinginan tersebut seringkali terganjal alias tidak bisa langsung terwujud dengan mudah.

Anda perlu memperlakukan burung dengan baik dan benar, terutama diawal pemeliharaan.

4 Tips Merawat dan Memelihara Burung Ocehan, Baru Beli

Agar suara burung ocehan yang Anda miliki bagus, lakukan beberapa langkah awal atau tips merawat dan memelihara Buyung ocehan:

Tips Merawat dan Memelihara Burung Ocehan

1. Sehatkan Kondisi Fisik

Ketika Anda ingin membuat burung rajin berkicau dan berkualitas kontes, sebaiknya burung yang sudah sampai di rumah, pulihkan kondisi fisiknya terlebih dulu.

Terdapat beberapa cara untuk menjaga kesehatan burung, antara lain:

– Gantungkan sangkar pada ketinggian maksimal.

– Letakkan di tempat yang sejuk dan jauh dari gangguan lingkungan sekitar.

– Khusus burung yang merupakan bakalan liar, berikan perlindungan pada sebagian sangkar, agar sangkar nampak terang. Jika ada, dekatkan burung ocehan tersebut dengan betinanya.

– Berikan pakan hidup atau pakan segar, seperti jangkrik atau kroto. Jangan memandikan burung selama beberapa hari hingga burung terlihat segar.

2. Biarkan Berkicau Lepas

Apabila Anda membeli bakalan liar, burung tersebut harus diperlakukan dengan benar. Sayangnya, masih banyak kebiasaan hobi burung yang kurang benar seperti menempatkan sangkar di tempat yang rendah.

Bakalan liar tersebut perlu dibiarkan berkicau terlebih dahulu sebelum dijinakkan. Jika burung akan dibuat jinak lebih dulu, gantung di tempat yang rendah, sehingga kualitas kicauan burung tentu kurang memuaskan.

Hal tersebut disebabkan oleh mental burung terganggu akibat tertekan. Bila burung masih anakan, sifat mereka akan terus manja. Oleh karena itu, penting untuk membiarkan bakalan liar berkicau lepas dan jinak.

4. Bedah Suara

Banyak pemagemar Buyung merasa kecewa karena setelah sekian lama dipelihara burung tidak kunjung mengeluarkan kicauan yang lepas dan keras.

Bedah suara bertujuan memulihkan atau meningkatkan kualitas suara burung ocehan. Caranya, dengan melakukan tata cara perawatan yang benar. Langkah ini perlu dilakukan dengan kemauan yang serius dan kesabaran dalam merawat burung ocehan.

Nah, itu dia 4 Tips Merawat Burung Ocehan yang Baru Dibeli, agar memiliki suara bagus. Semoga artikel ini bermanfaat sobat. (rz/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *