4 Resep Herbal Mengatasi Flu Saat Penghujan, Jeruk Nipis Salah Satunya

  • Bagikan
012094200 1483449372 Jeruk Nipis Buah Asam dengan Sederet Manfaat
Jeruk Nipis (Istimewa)

Unews.id – Salah satu kondisi yang kerap terjadi ketika memasuki musim penghujan adalah influenza atau flu. Flu merupakan penyakit yang mudah menular. Meski terdengar biasa-biasa saja, flu bisa membuat seseorang menjadi tidak produktif karena mengalami demam, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Kondisi ini bisa Anda atasi secara alami dengan ramuan herbal flu.

Ramuan herbal flu perlu diseimbangkan juga dengan pola hidup yang sehat, seperti banyak istirahat, mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C, dan meminum banyak cairan (air putih).

Apabila gejala flu setelah mengonsumsi ramuan herbal tidak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan tindakan medis. Saat mengonsumsi ramuan herbal, Anda harus mengikuti anjuran dan jangan gunakan ramuan secara berlebihan agar tidak menyebabkan efek samping. Berikut ini beberapa ramuan herbal untuk flu yang dapat Anda racik sendiri di rumah.

1. Daun pegagan

Daun pegagan yang sering dilalap atau dijadikan sebagai sayur bisa Anda gunakan sebagai obat flu. Caranya, gunakan 30 gram pegagan segar, kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun pegagan dengan tiga gelas air cucian beras (bilasan kedua). Daun direbus hingga airnya tersisa 1 gelas.

Dinginkan ramuan dan saring sebelum direbus. Ramuan ini bisa Anda minum dua kali sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

2. Daun kemuning

Cuci bersih 35 gram daun kemuning, lalu rebus daun dengan 3 gelas air bersih. Kemuning dicuci hingga airnya tersisa separuh. Setelah dingin, saring air rebusan. Konsumsi air rebusan sebanyak tiga kali sehari, masing-masing ½ gelas.

3. Bandotan

Gunakan herba bandotan kering sebanyak 15—30 gram, rebus dengan dua gelas air hingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Angkat dan dinginkan. Saring air rebusan sebelum diminum. Ramuan dapat diminum sekaligus sebanyak 2 kali sehari.

4. Jeruk nipis

Ambil satu buah jeruk nipis, lalu peras untuk diambil airnya. Seduh air perasan dengan 60 cc air panas. Setelah itu, tambahkan air kapur sirih, lalu aduk hingga rata. Ramuan ini diminum dua kali sehari, masing-masing dua sendok makan. (rz/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *