4 Fakta Mengejutkan, Konsumsi Air Putih Berlebihan

  • Bagikan
Manfaat Minum Air Putih dan Waktu yang Tepat Mengkonsumsinya
4 Fakta Mengejutkan, Konsumsi Air Putih Berlebihan - Istimewa

Unews.id4 Fakta Mengejutkan, Konsumsi Air Putih Berlebihan. Anjuran rajin mengkonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh memang perlu dilakukan. Memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih, akan menghindari seseorang dari dehidrasi atau kondisi hilangnya banyak cairan dalam tubuh.

Namun, hal lain yang harus diperhatikan adalah memenuhi cairan dalam tubuh dengan minum air putih yang cukup, bukan berlebihan atau terlalu banyak, akan berakibat buruk pada tubuh. Selain memperhatikan tercukupinya cairan dalam tubuh, kelebihan cairan dalam tubuh alias terlalu banyak minum air putih, atau yang dikenal dengan sebutan overhidrasi juga perlu diperhatikan.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Hangat Pagi Hari, Luar Biasa!

Terlalu banyak minum air putih, menyebabkan keracunan dan konsekuensi serius bagi kesehatan tubuh kita. Inilah beberapa empat fakta mengejutkan ketika seseorang berlebihan mengkonsumsi air putih.

4 Fakta Mengejutkan, Konsumsi Air Putih Berlebihan

1. Meningkatkan Risiko Gangguan Jantung

Jantung merupakan alat vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Minum air putih berlebihan membuat volume darah meningkat, dan mengakibatkan jantung akan lebih keras memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan terjadinya gangguan jantung dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih dan Waktu yang Tepat Mengkonsumsinya

2. Cara Kerja Ginjal Terbebani

Selain berakibat fatal pada jantung, dampak buruk berlebihan jika mengonsumsi air putih, berakibat gangguan cara kerja ginjal. Normalnya, ginjal menyaring satu liter cairan perjam dari tubuh, jika lebih dari itu ginjal akan bekerja terlalu berat. Hal ini akan menimbulkan gejala seperti mual, muntah dan diare.

3. Mengalami Sakit Kepala dan Susah Bernafas

Berlebihan minum air putih dapat menyebabkan sakit kepala karena kurangnya kandungan garam pada darah. Hal ini membuat sel dalam organ tubuh membengkak.  Otak juga akan mengalami perubahan lebih besar dan membentur tengkorak. Benturan tersebut membuat sakit kepala dan berdenyut, parahnya lagi membuat kita sulit bernafas.

Baca Juga: 4 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Kulit Kita

4. Kram Otot

Kalium adalah mineral penting dalam tubuh, membantu meningkatkan saraf dan mendukung matabolisme. Namun, apabila tubuh terlalu banyak menerima asupan cairan juga akan berdampak larutnya kalium. Apabila kadar kalium di dalam tubuh berkurang, maka akan menyebabkan iritasi, nyeri dada dan bahkan mengakibatkan kram otot.

Dari keempat fakta diatas, diketahui pentingnya mengetahui banyaknya air putih yang harus diminum guna memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, jangan sampai kurang ataupun berlebih.

Itulah sajian informasi kesehatan, tentang 4 Fakta Mengejutkan, Konsumsi Air Putih Berlebihan. Terima kasih sudah berkunjung di unews.id. Semoga bermanfaat. (yn/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *